20.01.2006

Mengantar dan Membimbing Siswa Menuju Olimpiade Fisika Internasional

Oleh Zaharah Ramli Aris *)

Pelajaran fisika telah menjadi ‘momok’ di sebagian besar kalangan siswa SMA di Indonesia. Rumus-rumus sulit yang hanya bisa dipahami orang-orang jenius mungkin menjadi gambaran yang terlintas pertama kali di benak siswa ketika membayangkan subjek ini. Hal itu menjadi penyebab minimnya prestasi siswa SMA Indonesia pada mata pelajaran fisika. Padahal pada kenyataannya, pelajaran ini bisa dipahami cukup dengan menggunakan penalaran mudah yang realitanya dapat dilihat dari kejadian sehari-hari.

Hal ini memacu saya untuk menjelaskan pada siswa bahwa fenomena fisika ada di sekeliling mereka dan bukan hanya berisi teori-teori kompleks dengan perumusan panjang. Diharapkan dengan pendekatan tersebut, siswa dapat menyadari bahwa fisika itu menyenangkan sehingga mereka terangsang untuk bisa mengaplikasikannya pada lingkungan di sekelilingnya.

Melalui metode pengajaran yang tepat, siswa dapat membuka belenggu potensi dan siap meraih prestasi dengan ikut serta dalam kompetisi pelajaran di luar sekolah. Dukungan dari semua pihak terutama kepala sekolah yang dipadu dalam suatu jaringan kerja sama tidak hanya akan membantu siswa, tetapi juga pihak-pihak itu sendiri untuk meraih yang dicita-citakan. Prestasi yang diraih seperti pada kompetisi fisika paling bergengsi, yakni olimpiade tingkat Asia (APhO) dan olimpiade tingkat dunia (IPhO), otomatis akan mengangkat nama baik sekolah, bangsa, dan negara, khususnya dalam bidang pendidikan fisika.

Modal Dasar Peningkatan Prestasi Siswa
Seleksi masuk yang ketat mengakibatkan input sekolah ini merupakan siswa-siswa SLTP yang berkualitas. Guru-guru yang berdedikasi tinggi turut mendukung pelaksanaan proses belajar mengajar dengan tetap melakukan koordinasi antar sesama demi kemajuan siswanya. Sekolah tersebut juga dilengkapi dengan sarana dan prasarana yang dapat menggali potensi dalam diri siswa. Selain itu, kepala sekolah juga sangat mendukung kemajuan guru-guru untuk meningkatkan potensi diri. Berbagai cara dilakukan oleh kepala sekolah untuk kemajuan guru-guru, misalnya dengan diikutsertakan dalam berbagai pelatihan dan seminar.

Dalam situasi yang sedemikian kondusif tentu saja sangat membantu untuk menerapkan strategi pengajaran yang telah disusun. Meski kualitas siswa yang masuk sudah memadai, pasti selalu saja ada ruang untuk kemajuan. Dengan memberikan pemahaman konsep yang mudah dipahami ditambah contoh-contoh soal yang aplikatif diharapkan siswa mampu menyelesaikan bermacam variasi soal. Tidak kalah penting adalah pembentukan kelompok-kelompok belajar di kelas untuk menumbuhkan kebiasaan berdiskusi dalam penyelesaian masalah-masalah fisika. Untuk menambah motivasi anak didik, saya juga sering menceritakan kisah-kisah mengenai kehebatan penemuan-penemuan fisika berikut dampaknya dan juga tentang prestasi kakak-kakak kelas mereka yang telah berhasil dalam kompetisi fisika. Target yang ingin dicapai setelah pembinaan, yang Alhamdulillah selama ini memperlihatkan keberhasilan yang cukup signifikan, adalah siswa yang menyukai ilmu pengetahuan dan teknologi.

Jalan Menuju Olimpiade Fisika
Tidak dapat disangkal bahwa kebahagiaan tertinggi bagi seorang guru adalah melihat anak didiknya meraih kesuksesan. Salah satu contoh kecil yang dapat dijadikan tolok ukur langsung adalah keberhasilan siswa dalam memenangkan kompetisi-kompetisi di luar sekolah. Di sana siswa dapat mengaplikasikan ilmu yang telah didapat sekaligus mendapatkan gambaran objektif tentang kemampuan dirinya dengan siswa dari sekolah lain sebagai pembanding. Tentu saja peran aktif seorang guru sebagai pembina dan pengarah mutlak diperlukan untuk membimbing anak ke arah tersebut. Sebab hasil yang maksimal diraih bukan dengan cara menggantungkan semua beban ke pundak seorang siswa, tetapi dengan suatu teamwork dimana setiap komponen turut membantu semaksimalnya sesuai dengan peran masing-masing.

Langkah pertama dimulai dengan mencari siswa berpotensi di berbagai kelas di sekolahnya. Caranya adalah dengan melihat rapor evaluasi siswa atau meminta pendapat guru lain, termasuk kawan siswa, tentang siapa siswa yang mereka anggap berprestasi.

Langkah berikutnya adalah dengan mengikutsertakan siswa pada kompetisi di luar sekolah. Tidak lupa untuk memperkenalkan situasi lomba dan juga untuk menggembleng moral, saya sertakan siswa kelas 1 SMA untuk mendampingin kakak-kakak kelasnya dalam berlomba. Diharapkan mereka dapat menjadi teladan bagi adik kelas mereka sehingga dari awal sudah timbul keinginan untuk serius mengimprovisasi diri. Kompetisi-kompetisi semacam ini saya anggap sangat berguna untuk perkembangan mental dan tekad siswa, sekalipun harus pulang tanpa membawa piala. Dengan modal pengalaman serta mental yang kuat, sekitar beberapa minggu sebelum seleksi ujian masuk TOFI (Tim Olimpiade Fisika Indonesia) nasional, anak-anak yang telah dipersiapkan tersebut mulai dibimbing secara intensif.

Pada saat penentuan tiba, semuanya berangkat dengan wajah ceria. Tidak ada rasa cemas karena semua sudah berusaha mempersiapkan segala sesuatunya dengan maksimal. Saya ingatkan mereka supaya memulai mengerjakan soal dengan menenangkan hati dan mengucap doa semoga diberikan kemudahan dalam mengerjakan soal. Di tempat itu biasanya kami saling bertukar cerita tentang soal yang tadi diujikan. Tidak peduli hasil yang akan keluar nantinya, selalu saya tekankan kepada mereka untuk terus belajar, belajar, dan belajar tanpa ada rasa putus asa.

Apabila anak didik saya yang lolos seleksi TOFI dan masuk karantina untuk penggemblengan lebih lanjut, saya tetap memberikan mereka dukungan dari jauh. Di tempat karantina mereka diajar di bawah bimbingan Prof. Yohanes Surya berikut asisten-asistennya.

Tanpa terasa beberapa bulan kemudian momen puncak tersebut dating. Pihak sekolah memberikan dukungan dengan memberikan uang saku kepada murid, termasuk izin bagi guru pembimbingnya. Berbagai dukungan juga datang dari berbagai pihak seperti departemen pendidikan, beberapa pejabat, kepala sekolah, guru-guru, teman-teman siswa sampai orang tua murid.

Kesimpulan
Guru bukanlah seorang yang hanya bisa mengajar materi di kelas, tetapi juga sebagai pendidik yang mampu memotivasi, mengarahkan, dan menggali potensi yang ada pada siswa sehingga siswa tahu akan bakat dan minatnya hingga bisa mengembangkan dan memberikan kontribusi kepada masyarakat.

Dalam rangka menambah wawasan di dunia pendidikan yang dinamis, seorang guru juga dituntut untuk dapat mengikuti perkembangan pengetahuan melalui berbagai media dan wadah pelatihan. Sebagai bagian dari suatu jaringan yang saling menunjang, seorang guru berusaha semaksimal mungkin untuk memenuhi perannya sebagai guru yang bisa bekerja sama untuk membangun sekolah. Melalui peningkatan prestasi siswa diharapkan dapat meningkatkan motivasi siswa yang lain hingga mampu berkompetisi di dunia internasional, khususnya di bidang fisika dalam membangun teknologi Indonesia. Diharapkan pemerintah dapat memfasilitasi siswa-siswa yang berpotensi dengan memberi beasiswa penuh sesuai dengan bakat dan minat siswa sehingga tidak diambil oleh lembaga pendidikan di negara asing.

*) Guru pembimbing Olimpiade Sains Nasional DKI Jakarta dan juga Guru SMAN 78 Jakarta

Comments

tlg krm sy soal2 fisika

Posted by: hany | 07.03.2006

Tolong dikirimi soal-soal dan cara mengerjakannya tentang fisika SMA kelas X, XI, XII

Posted by: M.BASIR,S.Pd. | 23.03.2006

Tolong dikirimi soal-soal dan cara mengerjakannya tentang fisika SMA kelas X, XI, XII

Posted by: Dwi Endang | 27.03.2006

Ass. Plis q mnt soal fisika tk kota, prop, nasional taun brapa pun... plis...thx b4

Posted by: ega | 01.04.2006

plizzz..., minta tolong dikirimin contoh2 soal olimpiade fisika tigkt kota, province, ama nasional tahun 2002 ampe 2005...Thx b4 ^_^!

Posted by: ray | 05.04.2006

tolong kirimi saya soal; olimpiade fisika beserta pembahasanya kelas X XI XII

Posted by: triyono | 09.04.2006

Tolong dikirimi soal-soal dan cara mengerjakannya tentang fisika SMA kelas X, XI, XII

Posted by: subroto | 11.04.2006

Tolong dikirimi soal-soal dan cara mengerjakannya tentang fisika SMA kelas X, XI, XII

Posted by: subroto | 11.04.2006

Mohon kesediaannya untuk mengirimkan soal-soal olimpiade fisika atau yang tingkatnya >/= itu, untuk tingkat apapun. Terima kasih_ =)

Posted by: Praseptiadi | 13.04.2006

Oia, saya harap agar disertai penyelesaiannya. Terima kasih (lagi) ^_^

Posted by: Praseptiadi | 13.04.2006

tolong kirimi soal2 olimpiade fisika/olimpiade sains tk. kota sampe internasional dari tahun 2002 sampe 2006.thx

Posted by: danny | 02.05.2006

mohon dikirim soal2 olimpiade fisika tk. kab sampai internasioanal. hatur nuhun.

Posted by: rezky alif | 02.05.2006

Mohon diberi informasi mengenai olimpiade sains untuk tingkat SD. Terima kasih.

Posted by: Ruth Dewanti | 09.05.2006

saya hanya perlu pendamping.

Posted by: dadan | 12.05.2006

saya minta tolong kepada siapa pun kiriminsoal olimpiade fisika baik tingkat kab/kota,propinsi atau nasional,kalau bisa sekaligus penyelesaiannya.
sebelum dan sesudahnya terima kasih
please,tolongin gw

Posted by: afn | 29.05.2006

saya minta tolong kepada siapa pun kiriminsoal olimpiade fisika baik tingkat kab/kota,propinsi atau nasional,kalau bisa sekaligus penyelesaiannya.
sebelum dan sesudahnya terima kasih
please,tolongin gw

Posted by: afn | 29.05.2006

saya minta tolong kepada siapa pun kiriminsoal olimpiade fisika baik tingkat kab/kota,propinsi atau nasional,kalau bisa sekaligus penyelesaiannya.
sebelum dan sesudahnya terima kasih
please,tolongin gw

Posted by: afn | 29.05.2006

mohon dkirimin soal2 olimpiade fisika

Posted by: rina | 07.06.2006

SAYA MINTA TOLONG KEPADA SEMUANYA. TOLONG BAGI YANG MEMPUNYAI MATERI DAN SOAL-SOAL SMA KIMIA KELAS 1 2 3, SMA FISIKA KELAS 1 2 3, BIOLOGI KELAS 1 2 3, MATEMATIKA KELAS 1 2 3, OLIMPIADE DAN SOAL-SOAL KULIAH SAINS TOLONG KIRIM KE E-MAIL SAYA:
atenaseronita_001_chemist@yahoo.com. saya ucapkan terima kasih. mohon bantuannya ya.

Posted by: Seronita | 11.06.2006

Saya seorang guru fisika di SMP, mohon bisa mengirimkan soal-soal ilimpiade sains fisika pada saya. Terima Kasih(hakim1924@yahoo.com)

Posted by: Rahman Hakim | 17.06.2006

ass.....saya minta tolong untuk dikirimkan soal-soal olimpiade fisika baik tingkat kab/kota, nasional, maupun internasional. sekalian dengan soal-soal olimpiade kimia, matematika, dan biologi. terima kasih. was....

Posted by: salma | 20.06.2006

Saya minta tolong dikirimi soal olimpiade fisika dan penyelesaiannya . Saya adalah guru fisika sma. Terima kasih.

Posted by: natalia | 28.06.2006

Tolong dikirimin soal-soal Fisika SMP untuk olymiade dan cara penyelesaiannya ...
Untuk menghadapi lomba olympiade Fisika tingkat propinsi .. keponakan saya juara kabupaten
Terimakasih

Posted by: Edhi Budiono | 05.07.2006

Assalamu'alaikum.Anak saya hendak maju ke olimpiade fisika SMP tk Propinsi,tolong kirimi saya soal beserta penyelesaiannya.Terima kasih.Wassalamua'laikum.

Posted by: shinto | 10.07.2006

tolong .kirimkan saya soal soal fisika beserta jawaban dan rumus fisika smp dan sma

Posted by: imam syahrul | 13.07.2006

Terimakasih atas artikel yg memotivasi
Saya salah seorang pengajar fisika SMP. Bisa minta silabus olimpiade fisika 2006?

Posted by: Novita | 17.07.2006

tolong kirimin contoh soal minimal program pembinaan anak untuk menang olimpiade. kami dapat menghubungi anda bahkan membeli program anda. Kami adalah guru salah satu sekolah dijakarta. Terima Kasih.
Kirimi contoh soal dan balasan ke e-mail : nowah_ok@yahoo.com

Posted by: nowah | 20.07.2006

tolong kirimkan soal dan pembahasan olimpiade internasional
yang ke 36 yang di salamanca spanyol

Posted by: zsd suhaidi | 23.07.2006

tolong kirimin donk soal dan pembahasan olimpiade fisika nasional tahun 2004 sampai 2006. saya perlu bgt, coz saya adalah peserta osn fisika 2006. kirim ke email saya enriko_neo@yahoo.co.id

Posted by: neo enriko | 23.07.2006

tolong kirimkan soal dan jawaban olimpiade mat, fis dan kimia dong untuk belajar.Kalau ada dari tahun2 sejak diadakannya. Thanx B4.....

Posted by: solideo | 25.07.2006

ini alamat emailku.
solideo_ftje@yahoo.com

Posted by: solideo | 25.07.2006

assalamu'alaikum
minta tolong soal-soal olimpiade fisika beserta pembahasannya. saya seorang pengajar fisika dan pembimbing olimpiade sains fisika di skolah. saya di daerah yang jauh dari pusat kota.

Posted by: muhamad halidi | 04.08.2006

tolong dikirimkan soal dan pembahasan olimpiade fis, math, am kimia donk. kalau bisa dari tahun- tahun yang lalu. thx

Posted by: AdRiaN | 06.08.2006

ini alamat email q nataya_gaby@yahoo.com

Posted by: AdRiaN | 06.08.2006

Tolong kirimkan soal-soal Fisika SMP dan SMA untuk Persiapan mengikuti Olypiade Fisika NAsional.

Posted by: yanto | 11.08.2006

Saya guru fisika SMA. Klo mo' cari soal-soal olimpiade fisika tingkat nasional dimana ya?klo ada minta dikirimin dong.thanks

Posted by: dalia ningsih | 12.08.2006

SAYA MINTA TOLONG KEPADA SEMUANYA. TOLONG BAGI YANG MEMPUNYAI MATERI DAN SOAL-SOAL SMA KIMIA KELAS 1 2 3, SMA FISIKA KELAS 1 2 3, BIOLOGI KELAS 1 2 3, MATEMATIKA KELAS 1 2 3, OLIMPIADE DAN SOAL-SOAL KULIAH SAINS TOLONG KIRIM KE E-MAIL SAYA:
ekadhanks@yahoo.co.id
terimakasih banyak saya ucapkan buat siapa saja yang mengirimnya

Posted by: HAJJAR EKASARI | 15.08.2006

tolong bantu saya, saya ingin mengetahui bentuk - bentuk soal olimpiade fisika dari tingkat kabupaten sampai tingkat internasional

Posted by: dadang | 18.08.2006

tolong dikirimi soal- soal olimpiade fisika smp

Posted by: dwi hastuti | 25.08.2006

Aku minta kepada ganeca untuk mengirimi aku soal2 fisika untuk kelas 1,2, dan 3 sma.
Kalau bisa soal2 olimpiade fisika indonesia rentang waktu tahun 2003 sampai tahun 2005.Karena pada olimpiade tahun ini aku diminta untuk mewakilkan sekolahku.
Skali lagi mohon bantuannya secepatnya sebelum tanggal 3 september.
Teima kasih...

Posted by: andini | 01.09.2006

ass,tlg ulas tentang soal-soal olimpiade matematika juga biar saya tahu gimana sih soal olimpiade matematika itu!!^_^

Posted by: diah | 06.09.2006

saya pengen benget jadi yang terbaik di kelas supaya bisa jadi utusan sekolah buat TOFI. Please bantuin saya dengan ngasih tips - tips belajar or jurus - jurus ngerjain soal... OK

Posted by: yani | 07.09.2006

saya seorang calaon guru. saya berkeinginan mempunyai silabus smp. tp saya bingung dari mana akan mendapatkanya. jadi saya minta tolong supaya dikirimin., terimah kasih

Posted by: irvan tmabun | 08.09.2006

Tolong dikirimin soal-soal Fisika, Matematika, Biologi SMA kelas 1 untuk olympiade dan cara penyelesaiannya ...
Untuk menghadapi lomba olympiade Fisika tingkat propinsi

Posted by: Fu'ad | 08.09.2006

tolong kirimi saya soal-soal dan penyelesaian olimpiade sains nasional 5 th 2006 bidang studi biologi sma dan ipa sd.
terima kasih

Posted by: bambang murtiasa,st | 11.09.2006

tolong kirimkan saya soal-soal dan pembahasan olimpiade fisika, kimia, matematika dan astronomi tahun 2000 s/d 2006

Posted by: Yosph bille | 15.09.2006

tolong kirimkan saya soal-soal dan pembahasan olimpiade fisika, kimia, matematika dan astronomi tahun 2000 s/d 2006

Posted by: Yosph bille | 15.09.2006

minta soal2 + jwbnnya

Posted by: f 4 n | 17.09.2006

tolong kirimi saya soal-soal dan pembahasan olimpiade sains fisika smp. Terima kasih sebelumnya buat yang mengirikan saya.

Posted by: imma | 18.09.2006

Eh Toooolong banget ya teman2 kirimi aku soal2 olimpiade biologi dan materi2 olimpiade Biologi, akuuu butuh banget nih. Aku Guru SMU, baru ngajar 2 bulan lalu n udah diberi kepercayaan mengajar buat ke OLIMPIADE, BANtu aku yaaaaa . Makasih

Posted by: ai | 25.09.2006

tolong banget kirimi saya soal-soal fisika untuk kelas X,XI,XII beserta juga pembahasannya.
terimakasih atas perhatiannya.

Posted by: albar Rizqi adnani | 26.09.2006

tolong kirim soal-soal olimpiade fisika dan matematika beserta pembahasannya

Posted by: Ghiffari Aulia | 01.10.2006

mohon soal-soal alimpiade SMP dan penyelesaiannya, di tingkat apapun boleh.

Posted by: wisnu nuroho | 04.10.2006

Salam

Mohon dikirimkan soal-soal olimpiade dan penyelesaiannya ditingkat prov sampai internasional

Posted by: ibrahim | 05.10.2006

mohon dikirimkan soal-soal olimpiade fisika dan penyelesaianmnya mulai dari tingkat provinsi sampe internasional.

Posted by: ibrahim | 06.10.2006

Saya baru dua bulan ini diangkatsebaagi guru fisika di sebuah SMP. Saya dipercaya untuk mempersiapkan olimpiade sains. Tolong kirimi saya contoh soal olimpiade fis, biologi, math. Terima kasih. Juga event2 lomba sains.
email : myareef06@yahoo.co.id

Posted by: Arifuddin | 08.10.2006

Bapak/Ibu YTH,
Saya mohon bantuannya untuk mengirimkan contoh-contoh soal olimpiade fisika SMP dan jawabannya ke email saya, dan terima kasih atas bantuannya.

Posted by: syahril | 16.10.2006

Bagaimana saya bisa mendapatkan soal2 fisika,bio dan matematika osn?

Posted by: sri | 16.10.2006

jalan suroto kunto km 5 warung bambu karawang

Posted by: ahmadsyah | 18.10.2006

Saya Baru diangkat jadi pengjar disebuah sekolan menengah kejuruan kebetulan saya mengajar Fisika tolong kirimi saya tentang pengetahuan lebih jauh tentang fisika

Posted by: ahmadsyah | 18.10.2006

Saya mohon bantuannya kepada siapa saja yg dapat membantu. Saya menginginkan soal2 olimpiade matematika tingkat nasional. email saya:p4ng3_1n_s4t4s@yahoo.co.id

Posted by: PangeraN | 25.10.2006

tolong kirimi saya silabus dan Rpp, bahan ajar biologi tingkat smp kelas 1,2,3 semester ganjil dan genap?

Posted by: regen | 29.10.2006

saya regen tadi lupa, mohon kirim contoh karya ilmiah tkt smp ya !!!

Posted by: regen | 29.10.2006

tolong kirim soal-soal olimpiade fisika dan matematika beserta pembahasannya ya!Please tollloooooooooooooooooooong bantu kami niscaya anda nanti mendapat pahala yang berlimpah dari NYA.

Posted by: Regent | 06.11.2006

saya seorang guru fisika honor di salah satu sekolah swasta,dalam proses mengajar, mungkin karena murid2 saya merupakan anak2 pedesaan yang kurang mampu dalam ekonomi keluarga ditambah fasilitas sekolah yg sangat terbatas seperti LABORATORIUM ditambah lingkungan pergaulan anak yang jauh dari akses informasi dan teknologi, saya sering merasa kesulitan ketika harus menjelaskan mata pelajaran fisika walaupun sering saya me nganalogkan dan mencontohkan dalam kehidupan sehari-hari mereka tentang ilmu fisika yg mereka pelajari. disisi lain tentu sebagai guru saya juga bertanggung jawab dalam nilai akademik mereka serta mengejar target materi yg telah ditetapkan, sementara saya merencanakan memberi materi sesering mungkin dalam bentuk soal2, saya tanya :
1. gimana cara mensosialisasikan materi fisika dengan kondisi yg saya alami ini, tentunya cara yg terbaik buat murid2 saya tersebut ?
2. benarkah rencana saya tersebut dg memberikan soal2 saja, dan kalaupun benar dalam bentuk apa seharusnya?
than'ks buat jawabanya dan sory bukan komentar malah tanya'......................sory...

Posted by: CHOIRUDIN | 10.11.2006

tolong kirimin saya silabus olimiade fisika. bagi anda yang mempunyainya bisa kirim ke danu_sogi@yahoo.co.id

Posted by: danu | 23.11.2006

tolong kirimi soal-soal fisika sma ke lutfi_helmi@yahoo.co.id, terima kasih.

Posted by: helmi | 25.11.2006

tolong segera kirimkan soal dan jawaban fisika kelas xi ipa, bab dinamika. penting. terima kasih

Posted by: adr | 27.11.2006

aq mw soal n jwaban olimpiade fisika naaa...plizzz

Posted by: rini | 29.11.2006

tlong ksh tw soal pmbhsan olimpiade fisika nasional naa .......plizzz

Posted by: rini | 29.11.2006

tolong ksh tw soal dan pembhasan olimpiade fisika smp....plizzzzzzzzzzzzzzzz

Posted by: rini | 29.11.2006

tlong naa ksh tw jwbn soal olimpiade nfisika nasional 2004 riu...plizzz pnting bgt skrnk

Posted by: rini | 29.11.2006

mnt tlg krmkan ttg sains utk anak TK.
Pliz.........sblm minggu besk klo bisa minggu ini.
Thnkz......

Posted by: santi | 30.11.2006

ACCOUNT

Posted by: hyrdorlesto | 03.12.2006

tlg krm contoh soal2fisika kelas x

Posted by: OCHIE | 04.12.2006

Tolong kirim soal2 fiska n astronomi sma donk..
Buat prsiapan olimpiade neh
Kirim ke LovePuchie@yahoo.com
Makasih..

Posted by: Ndaru | 04.12.2006

tolong kirimkan contoh soal plus jawabannya fisika tentang dinamika
cukup 10 soal

Posted by: febri | 08.12.2006

tolog kirimin contoh soal ama caranya tentang :
* fisika
* matematika

please...secepatnya..key!!

Posted by: meryta | 09.12.2006

tolong kirimin soal-soal ama cara dan jawabannya :
1. fisika
2. matematika

aku kelas 3 smp

Posted by: ryta | 09.12.2006

saya guru matematika, saya sangat membutuhkan soal-soal olimpiade matematika dari berbagai tingkat beserta pembahasannya. saya mohon bantuannya. terima kasih

Posted by: gina | 15.12.2006

kalau mau mencari yang matematika, coba buka di www.olimpiade.org

Posted by: kons | 18.12.2006

tolong kirim ke email saya.. soal2 olimpiade fisika dan pembahasannya. thanks

Posted by: bote | 22.12.2006

pleeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeease bgt butuh soal fisika and matematika nih yang tahun lalu and penjelasan tiap kisi2nya yah!tolong kirimin secepatnya ke email saya.MERCI!!!!!!!!!!!bye!!!!!!!!!

Posted by: susan santika | 27.12.2006

tolong, minta soal olimpiade fisika tingkat nasional.

Posted by: dhika | 06.01.2007

Yth kpd bpk/ibu..

ayah saya seorang guru matematika (smp n1 gemolong) anak didiknya pernah menjuarai olimpiade matematika tkt smp, juara 2 tingkat nasional tahun 2005 (Hendra Hadhil Choiri).. saya dimintai tolong ayah saya untuk mencari soal2 olimpiade matematika tersebut di internet, tapi sudah saya coba gak dapat2.. jd mohon bantuannya saya dikirimi soal-soal olimpiade matematika 2005.. sebelumnya kami ucapkan banyak terima kasih..

Posted by: Dadang Kurniawan | 07.01.2007

tolong kirimi soal2 olimpiade sains untuk SD,puenting banget untuk bekal bimbingan klinik sains.matur nuwun

Posted by: m.fauzi | 17.01.2007

Tlong kasih soal-soal Olimpiade Matematika SMU please............................................................

Posted by: husnul_jannah | 18.01.2007

aq 9i butuh soal2 olimpiade fisika, bio, 'n matematika nich..plis kirim d' email gw..m'acieh

Posted by: kharisma | 24.01.2007

eh.. nie email gw.. avrilzhie@yahoo.com
thanX ych..
eh skalian...
ad y9 mw knalan 9x 'm gw..??
9w 9i buTuh cowo' cakeP niCh...
pLus piNter ju9a pasti'ny...

Posted by: kharisma | 24.01.2007

tolong kirimkan soal-soal matematika olympiade SMA serta pembahasannya.terima kasih atas bantuannya.

Posted by: rasyidi | 25.01.2007

pleasse... kirimi aku RPP IPA FISIKA KELAS VII. Sebelumnya terima kasih....

Posted by: yahya | 25.01.2007

TOLOONG YA? SAYA INGIN MENJAJAL SOAL UAN TAHUN LALU. BESERTA SOAL IPA KELAS 3 MELIPUTI BIO, FIS, KIMIA.TOLONG YA

Posted by: titin | 25.01.2007

tolong kirimi saya altihan soal untuk uan dan uas program ipa. terimakasih

Posted by: titin | 25.01.2007

Gimana sih caranya ngajar matematika yang mudah dimngerti siswa?

Posted by: faiz | 30.01.2007

pleazz

bleh kah saya minta soal
olimpiade tahun 2007

1matematika
2fisika
3biologi

mo0hon di jawab secepatnya ke e mail saya makacihhhhhgh

Posted by: fat | 30.01.2007

tolong kirimkan saya soal-soal olimpiade fisika dan astronomi karena saya akan mengikuti test di sekolah
mohon bantuannya
or tolong beri tahu website yg dapat saya kunjungi untuk mendapatkan soal-soal olimpiade

Posted by: zainuddin m a | 03.02.2007

asss.
tolong banget q dikirimi contoh soal-soal olimpiade matematika SMU,ya
saya harap anda mau kirimi saya
terima kasih
wss.wm wb

Posted by: merina nur hapsari | 04.02.2007

ass...

tolong kirimin saya contoh2 soal UAN SMP matematika,fisika,b.indo,n b.inggris.Pliiz bgt...

Klo biza sma penyelesaiannya juga...
tolong yaaa...
pliiiz...

mohon d jwb secepatnya ke email saya.

Posted by: M.Zurham Satria | 06.02.2007

Tolong kirimi saya soal-soal olimpiade fisika tingkat kota ,provinsi ,dan nasional(sma), hingga tahun 2006 :-)

Posted by: IWAN DARMADI | 07.02.2007

selamat sore, saya minta tolong kirimkan saya soal-soal dan pembahasan olimpiade matematika dan tahun 2000 s/d 2006 untuk persiapan ujian kelulusan kelas 6 SD dan 3 SMP. Terimakasih sebelumnya. Tuhan memberkati

Posted by: rudi kurniawan | 08.02.2007

selamay malem,saya minta tolong kirimin saya soal-soal dah pembahasan alimpiade astronomi atau situs-situs yang berhubungan.
Terima kasih banyak sebelumnya.

Tolong ya kirimin ke email ak:pacul_ms@yahoo.com

Posted by: heriansyah | 09.02.2007

selamat malem,saya minta tolong kirimin saya soal-soal dan pembahasan alimpiade astronomi atau situs-situs yang berhubungan.
Terima kasih banyak sebelumnya.

Tolong ya kirimin ke email ak:pacul_ms@yahoo.com

Posted by: heriansyah | 09.02.2007

tolong kirimin saya soal2 olimpiade fisika tingkat nasional tahun2 sebelumnya ya.......
terima kasih.
please kirim email ke: indah@yahoo.com

Posted by: indah | 10.02.2007

please bgt, kalo punya contoh soal2 untuk olimpiade matematika. Kirimin aq ya? thanks be4

Posted by: arifiani | 11.02.2007

please bgt, kalo punya contoh soal2 untuk olimpiade matematika. Kirimin aq ya? thanks be4

Posted by: arifiani | 11.02.2007

Ass. saya ingin minta tolong bisa kirimkan silabus materi fisika untuk tingkat smp dan sma serta soal-soal olimpiade. terima kasih

Posted by: Indra Kuswoyo | 13.02.2007

tolong kirim saya soal-soal! Sebelumnya terima kasih untuk penyediaan webnya, kalau perlu tambah articel tenteng pelajaran di alam semesta ini yang menarik...

Posted by: dian | 13.02.2007

tolong kirimin soal olimpiade fisika, kimia, biologi, dan matematika serta penyelesaiannya dari tingkat provinsi sampai tingkat international makasih banyak ya

Posted by: hidayat | 14.02.2007

Tolong kirimkan Soal - soal olimpiade biologi ya. Saya salah satu petanding siap meuju OSN

Posted by: Febrianto DC | 14.02.2007

tolong kirimi soal sains smp kls 7,8,9 kurikulum kbk 2004 terimakasih

Posted by: hwenk | 16.02.2007

saya minta soal dan pembahasan fisika smp kelas 7,8,9 kurikulum kbk. tolong secepatnya

Posted by: rif | 17.02.2007

bapak/ibu yg baik.. anak2 saya akan mengikuti olimpiade matematika minggu ini. saya perlu sekali soal-soal olimpiade matematika SD dan SMP serta pembahasannya. kalau bisa hari ini juga. semoga bapak/ibu bisa menolong saya. terima kasih

Posted by: shanti | 20.02.2007

Ass.
Help me, mohon kirimi saya contoh soal Olimpiade sains SMP/SMA.
Trims n Wassalam

Posted by: prayekti | 24.02.2007

tolong donk kirim saya rumus rumus fisika smp dari kelas 1-3 secepatnya karna gua di tugasin oleh guru fisika gua

Posted by: wandy nugraha | 25.02.2007

tolong dan mohon kirimi saya soal-soal olimpiade nasional maupun internasional bidang fisika tingkat SMP dan SMA ke e-mail saya. hanif_neutron@yahoo.co.id
Membutuhkan cepat.

Posted by: hanif prabowo | 03.03.2007

tolong kirimkan saya soal2 olimpiade nasional maupun internasional bidang astronomi ke email saya, membutuhkan sesegera mungkin.

Posted by: ana | 03.03.2007

tolong korimkan saya soal-soal OSN sejak beberapa tahun lalu.
Kalau bisa secepatnya.
Makasih ya

Posted by: shinta | 05.03.2007

tolong kirimkan saya artikel atau materi tentang astronomi karna saya akan mengikuti tes olimpiade astronomi di sekolah sma saya.

Posted by: tia | 06.03.2007

saya bulan depan akan mengikuti olimpiade astronomi tingkat kabupaten, saya mohon kalau ada tlng kirim contoh soal astronomi ke alamt email saya!!!!!!!!!!!!!

Posted by: Resha | 09.03.2007

saya bulan depan akan mengikuti olimpiade astronomi tingkat kabupaten, saya mohon kalau ada tlng kirim contoh soal astronomi ke alamt email saya!!!!!!!!!!!!!

Posted by: Resha | 09.03.2007

tolong soal-soal dan pembahasan olimpiade smp kirim ke e-mail saya
smp 2 majene sulbar

Posted by: Nursalam,S.Pd. | 12.03.2007

tolong kirimi saya contoh-contoh soal olimpiade matematika dan ipa untuk siswa saya ,makasih. pak_tikno@yahoo.co.id

Posted by: SUTIKNO | 13.03.2007

halo, saya zazili mustopa di bengkulu, seorang siswa SD meminta saya membimbingnya dalam persiapan seleksi olympiade matematika, bagi yang punya informasi mengenai buku atau situs yang memuat persiapan, soal-soal dan pembahasan, dan lainnya, mohon diinformasikan ke wakzaz@yahoo.com, terma kasih...

Posted by: zazili | 14.03.2007

mohon bgd dong. bentar lagi ku lomba olimp.
kirimin yah soal2nya dlm bntuk apapun.
smualah klo prlu. butuh bgd nih.

mksii ya.
laft you

Posted by: sofi | 14.03.2007

mohon bgd dong. bentar lagi ku lomba olimp.
kirimin yah soal2nya dlm bntuk apapun.
smualah klo prlu. butuh bgd nih.

mksii ya.
laft you

Posted by: sofi | 14.03.2007

Tolong kirimin dong aku soal olimpiade Fisika dari tahun 2000-2006 serta pembahasan soalnya.Kirim ke email saya ya

Posted by: SELVIANA | 15.03.2007

Tolong dong kirimin aku soal olimpiade Matematika mulai dari tahun 2000-2006 serta pembahasannya.Kirim ke email saya ya.

Posted by: ZAZILI | 15.03.2007

tolong kirimin soal fisika dan mat untuk tingkat sma dong

Posted by: marisca | 16.03.2007

Tolong dong kirimin aku soal olimpiadae Fisika mulai dari tahun 2000-2006 serta pembahasan nya .yang cepat ya kutunnggu diemailku segera.Daan soal olimpiade Matematika mulai dari tahun 2000-2006 serta pembahasaqn soal nya.

Posted by: Ssiska | 16.03.2007

Tolong dong kirimin aku soal olimpiadae Fisika mulai dari tahun 2000-2006 serta pembahasan nya .yang cepat ya kutunnggu diemailku segera.Daan soal olimpiade Matematika mulai dari tahun 2000-2006 serta pembahasaqn soal nya.

Posted by: Ssiska | 16.03.2007

tolong kirimkan contoh contoh soal olimpiade sains fisiaka kelas 2 sma

Posted by: idha | 16.03.2007

Kpd yth,
Redaktur Ganeca Exact
di
TEMPAT
Saya guru SMP ingin memohon agar TIM Redaktur Ganeca Exact memberi saya silabus Olimpiade Bahasa Inggris tingkat SMP, atau apapun itu yang menunjang pembimbingan siswa/i SMP tentang bahasa inggris.
Sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih

Posted by: Bambang Joko S | 16.03.2007

Kpd yth,
Redaktur Ganeca Exact
di
TEMPAT
Saya seorang guru yang membutuhkan soal-soal olimpiade yang sudah lalu baik tingkat propinsi maupun tingkat Nasional.Mohon tim redaktur sudi kiranya mengirimkan permohonan saya tersebut demi lancarnya proses pembinaan siswa/i di daorah sekolah saya.
atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Posted by: Bambang Joko S | 16.03.2007

tolong kirim soal fisika inter dunk
thx
makacih

Posted by: faridz | 18.03.2007

sy senang math n fisika kmarin sy ikut lomba di kota sy. dan ikut lg klau boleh sy ingin minta soal2 dan penyelesiaannya.address sy jl.hasanudin no.40,pekalongan. pls bantu sy,krn sy ingin bisa.trima kasih.Tuhan memberkati

Posted by: jessica evania susanto | 21.03.2007

sorry, sy anak sd kelas 6, atas perhatiannya saya ucapkan banyak2 terima kasih

Posted by: jessica evania susanto | 21.03.2007

tolong dong kirimin soal-soal OSN untuk MP FISIKA dan Kimia beserta pembahasannya (SMP/SMA) kirim ke armund01@yahoo.co.id biar aku dan siswa-siswa punya gambaran tentang soal-soal di OSN... Terima kasih sebelumnya.

Posted by: armun | 22.03.2007

tolong donk dikirimkan contoh-contoh soal olimpiade fisika tingkat kota.

Posted by: lisna | 23.03.2007

Tolonk donk kirim soal-soal olimpiade matematika smp tingkat nasional dan propinsi dengan pembahasan ke email saya : fuad.ikhwanda@gmail.com

Posted by: Fuad | 27.03.2007

ass...
tolong dong kirimin soal-soal + pembahasannya olimpiade fisika tingkat kota...tolongin bgt ya...
thank's berat......
was...

Posted by: rahman | 29.03.2007

tlg kirim soal olypiade fisika beserta jawabannya donk

Posted by: yulia nur yanti | 31.03.2007

Saya minta soal latihan fisika kelas 2 smp???
kira kira yang meterinya buat semester genap??
tolong kirimin ke email saya??mohon kerja samanya

Posted by: nanda | 01.04.2007

tolong kasih tau gue soal olimpiade USN 2006-2007 di grati
jawa timur (olimpiade nya se_kabepaten)

Posted by: faqih | 02.04.2007

saya minta tolong kirimi soal-soal osn fisika yang smp donk!!! tolong ya aku butuh nih!!!

Posted by: fabianto | 06.04.2007

Saya minta tolong dikirimi soal-soal olimpiade untuk tingkat sekolah dasar. Saya guru SD di Kalimantan Timur mohon bantuannya dan kirimkan ke email saya (syafii_isna@yahoo.co.id)

Posted by: Syafi'i | 06.04.2007

Saya minta tolong dikirimi soal-soal olimpiade untuk tingkat sekolah dasar. Saya guru SD di Kalimantan Timur mohon bantuannya dan kirimkan ke email saya (syafii_isna@yahoo.co.id)

Posted by: Syafi'i | 06.04.2007

saya guru fisika sma, tolong kirimi saya soal dan pembahasannya lengkap untuk kelas X, XI, XII serta soal-soal tofi tingkat daerah dan yang lebih tinggi. terima kasih

Posted by: pipin dana | 06.04.2007

saya guru fisika sma, tolong kirimi saya soal-soal dan pembahasannya untuk kelas X, XI , XII serta soal olimmpiade dan bahasannya lengkap.
terimakasih banget

Posted by: pipin dana | 06.04.2007

mAs tolong bgt ne ??? q bTH soal** n pEmbahasan bioLOgi sMA kelas 3 ?? kEYh,,,, bLz di emAilq syncope_drummer@yahoo.co.id

Posted by: rEn | 07.04.2007

Tolong kirimkan saya soal olimpiade fisika, tapi untuk seleksi nasional bukan internasional.Trims!tolong kirimkan ke Alamat email saya berikut: exact_consultant@yahoo.com

Posted by: jonnhy | 11.04.2007

Anak saya sangat tertarik untuk mengikuti Olimpiade Matematika. Saat ini dia sedang belajar kelas 1 SMP.
Tahun lalu menjadi satu diantara 100 pemenang Olimpiade SD.
Dia sangat tertarik kepada Matematika dan Fisika.
Bagi rekan yang mempunyai data latihan soal, baik untuk pelajaran tersebut, ataupun lainnya, please hub saya via jalur pribadi.

Terimakasih.

Posted by: Trisna Gunawan (Mr) | 13.04.2007

tolong kirimin soal IMO dongzz..
trimzz

Posted by: ummi | 15.04.2007

tolong kirimkan soal-soal olimpiade fisika SMA tingkat kota dan provinsi serta pembahasannya.
terima kasih..

Posted by: theresia | 16.04.2007

saya minta dikirimkan soal-soal kimia tingkat sma dan olimpiade baik nasional maupun internasional beserta pembahasannya

Posted by: devy | 16.04.2007

Mohon bantuan dan kesediaannya untuk mengirimi saya soal beserta pembahasan pelajaran IPA (Matematika, Fisika, Biologi, dan Kimia) SMA kelas XI...Saya sangat membutuhkannya..
Atas perhatian dan bantuannya saya ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya..
e_mail saya " mynk_dolphin@yahoo.com
God Bless You All...................................................

Posted by: Miming | 17.04.2007

Tlong DONK!!!!!!! KrMin SoAl aNd PEmBaHaSan OliMpiAde FisIka TinGkat SMP(1,2,3).

Posted by: DITA | 18.04.2007

tolong di kirimkan soal dan penyelesaian olimpiade fisika tk kab. dan propinsi. atas bantuannya di ucapkan terima kasih, wassalam.

Posted by: supardin | 20.04.2007

tolong kirimkan soal-soal olimpiade fisika SMA tingkat kota dan provinsi serta pembahasannya.
terima kasih..

Posted by: abu sabiq | 22.04.2007

taun 2005 saya ikut osn bidang fisika
di sma guru-guru tidak ada yang mendukung saya
tidak ada yang memberikan bimbingan secara mental atau latihan soal
jadi semangat saya tapi nanti saya akan buktikan bahawa saya bisa dapat emas di ipho taun depan

Posted by: faris budiman | 23.04.2007

EMERGENCY..!!!!!!!

please in 3 next day, i have to join olimpiade
please send me the question of Physics olimpiade..
thanks
please help me

send to my email address..
thank you very much

Posted by: lila | 26.04.2007

minta tolog dikirimi soal-soal fisika buat membimbing anak-anak saya yang mau lomba olimpiade awal bulan ini

Posted by: susilo utomo | 27.04.2007

Ass...
Tolong kirimi saya soal seleksi olimpiade sains fisika tingkat kabupaten/kota dan provinsi (sma) sekalian pembahasannya tahun berapapun, tolong secepatnya, terima kasih

Posted by: adilah | 27.04.2007

Tolong kirimi saya soal seleksi olimpiade sains fisika tingkat kabupaten/kota dan provinsi (sma) sekalian pembahasannya tahun berapapun, tolong secepatnya, terima kasih

Posted by: eri | 28.04.2007

tolong kirimkan soal olimpiade fisika smu beserta pembahasannya

Posted by: ramad | 28.04.2007

aq juga mau monta tlg kalau ada yang pumya soal olimpiade fiska kirimi aku di email ku. please

Posted by: edib | 28.04.2007

tolong dong kirimkan soal-soal olimpiade astronomi tingkat kota tahun lalu maupun tahun-tahun sebelumnya. penting banget nih.

Posted by: ari_wk | 29.04.2007

Saya adalah salah satu peserta seleksi daerah olimpiade sains nasional bidang fisika, kemaren baru saja selesai seleksi tapi belum tahu hasilnya, saya akan sangat berterima kasih apabila anda mau mengirimi saya artikel tentang OSN dan soal-soallatihan olimpiade beserta pembahasannya. Sebelumnya terima kasih

Posted by: fifi | 02.05.2007

tolong kirimi soal olimpiade fisika, matematika, kimia, biologi, komputer, astronomi, ekonomi untuk siswa saya mengikuti seleksi olimpiade. makasih sta bantuannya

Posted by: Israwati Idris | 02.05.2007

saya mencari info tentang silabus dan rpp fisika kelas 7,8, 9 smp kemana-mana belum dapat, kirim email kemana-mana tidak ada respon. tolong dong... mungkin ganeca punya silabus dan rpp fisika smp, saya dikirimi. saya selalu pakai buku ganeca tapi tiap kali minta pada sales/marketingnya tidak diberi. terima kasih.

Posted by: CUCUN AGUSTIYO | 03.05.2007

Pak tolong dong kirimkan penyelesaian soal osn 2006 lalu bidang matemtika n fisika...
saya peserta bidang fisika tapi ada soal yang saya tidak bisa saya kerjakan seperti konduktivitas logam t'sebut...
plis ya pak kirimin saya penyelesaiannya,,,,,
thanx b4.....

nb:kirim ke alamat e-mail saya: rickyarifandi@yahoo.co.id

sX lagi makasih ya pak..........!!

Posted by: Ricky Arifandi Daniel | 09.05.2007

sebagian soal dan pembahasan dapat didownload di alamat berikut
http://www.jyu.fi/tdk/kastdk/olympiads/
http://www.tofi.or.id
semoga bermanfaat...........

Posted by: rusdi | 16.05.2007

sebagian soal dan pembahasan dapat didownload di alamat berikut
http://www.jyu.fi/tdk/kastdk/olympiads/
http://www.tofi.or.id
semoga bermanfaat...........

Posted by: rusdi | 16.05.2007

sebagian soal dan pembahasan olimpiade fisika dapat didownload di alamat berikut
http://www.jyu.fi/tdk/kastdk/olympiads/
http://www.tofi.or.id

semoga bermanfaat...........

Posted by: rusdi | 16.05.2007

ATTENTION!!! Bwt yg tau tpt nyari bku soal olimpiade kimia ato yg pny soalnya plis krim k gw. Krim ke prima_mras@yahoo.co.id

Posted by: prima a | 16.05.2007

tolong kirimin aku soal olimpiade matematika tingkat propinsi tahun 2006

Posted by: ghozali | 19.05.2007

tolong kirimin aku soal olimpiade matematika tingkat propinsi tahun 2006

Posted by: ghozali | 19.05.2007

tolong kirimkan saya soal olimpiade biologi tahun lalu
dan soal latihan untuk olimpiade biologi tingkat provinsi.
tolong dikirimkan segera ke email saya.
terimakasih.

Posted by: fobia | 24.05.2007

Tolong dong kirimin aku soal-soal olimpiade sains dan matematika SD dan pembahasannya. makasih banyak ya!

Posted by: dwi | 24.05.2007

Saya sangat membutuhkan soal-soal olimpiade nasional kimia untuk SMA tahun 2006. Trims atas bantuannya.

Posted by: Franco | 26.05.2007

tolong kirimin soal&pembahasan olimpiade kimia tingkat provinsi or nasional th2004or05or06

Posted by: prima | 28.05.2007

minta soal-soal fisika dan kimia kls 1 SMA, dong kak.

Posted by: Daniel P | 31.05.2007

minta soal-soal fisika dan kimia kls 1 SMA, dong kak.

Posted by: Daniel P | 31.05.2007

minta soal-soal fisika dan kimia kls 1 SMA, dong kak.

Posted by: Daniel P | 31.05.2007

minta soal-soal fisika dan kimia kls 1 SMA, dong kak.

Posted by: Daniel P | 31.05.2007

minta soal fisika dan kimia kelas 1 SMA, dong.

Posted by: Daniel P | 31.05.2007

MINTA TOLONG YA DIKIRIMKAN SOAL OLIMPIADE MATEMATIKA DAN BIOLOGI UNTUK SMP.TERIMA KASIH ATAS PERHATIAN DAN KIRIMAN SOAL-SOALNYA.

Posted by: C_benk VH | 02.06.2007

saya sedang mencari soal-soal astronomi,mohon kirim ke email saya irsa_mail@smansa.com. soal osn atw apa saja,yang penting astronomi.saya benar-benar butuh

Posted by: irsa | 02.06.2007

tolong dikirimkan soal-soal olimpiade kimia dan astronomi beserta pembahasannya

Posted by: irsa | 02.06.2007

tolong dikirimkan soal2 olimpiade fisika dan matematika beserta pembahasanya,ke alamat email saya: Lydia_angie@hotmail.com
terima kasih

Posted by: lydia | 03.06.2007

tolong dikirimkan soal2 olimpiade matematika sd dan smp beserta pembahasannya, ke e-mail saya;
ih_dffrent-moslem@hotmail.com
terima kasih

Posted by: dayat | 07.06.2007

tolong kirimi saya soal-soal fisika dari kelas 1 sampai kelas 3 SMP

Posted by: windu | 10.06.2007

tolong kirimkan saya soal dan pembahasan olimpiade biologi karena saya sangat membutuhkannya , karena diadaerah saya sangat ketinggalan mengenai ini. makasih sebelumnya. wasalam.

Posted by: tama | 15.06.2007

Buat Admin: Kok komentar yang masuk tidak diberi tanggapan sih? Lebih bagus jika diberi tanggapan sehingga ada proaktif admin/pengelola.

Anto,
Editor bahasa

Posted by: anto | 18.06.2007

Klo boleh, tlg kirimin soal' Fisika u/ olimpiade tingkat nasional n internasional..
Untuk yg SMP..
THX..

Posted by: dita | 18.06.2007

Klo boleh, tlg kirimin soal' Fisika u/ olimpiade tingkat nasional n internasional..
Untuk yg SMP..
THX..

Posted by: dita | 18.06.2007

Maaf, Tolong kirimkan soal olympiade fisika smp ke e-mail saya.

Posted by: kiki | 23.06.2007

Tolong kirimkan hasil seleksi olimpiade tingkat propinsi di semarang jawatengah th 2007, dan pembahasan soal-soalnya, maksih

Posted by: nardi | 25.06.2007

mohon dapat dikirimkan soal2 olimpiade fisika smp tahun2 sebelumnya beserta jawabannya. Tks
(farhandika@yahoo.com)

Posted by: farhan | 27.06.2007

Tolong,donk dengan sangat aku butuh banget soal Olimpiade Matematika SMA dari tingkat mana aja.Tolong dikirim ke alamat email:super_susilo@yahoo.co.id

Posted by: Susilo | 30.06.2007

Saya seorang guru fisika dan matematika di SMPN 120 Jakarta. Tolong kirimi saya bank soal Fisika dan matematika SMP.

Terima kasih!

Posted by: Agus Triyanto | 12.07.2007

Saya seorang guru fisika dan matematika di SMPN 120 Jakarta. Tolong kirimi bank soal olimpiade fisika dan matematika ke email saya. esmapadindi@yahoo.co.id

Posted by: Agus Triyanto | 12.07.2007

eh tolong dong kasih aq soal2&pembahasannya olimpiade fisika&matematika ya pliz

Posted by: eva | 16.07.2007

kirimin aku soal dan pembahasan olimpiade fisika nasional dan internasional ya...
thanks yach

Posted by: aqilah | 18.07.2007

tolong kirimin materi dan soal2, soal olimpiade kota, prov, nasional+ pembahasannya, fisika dan metematika sma klas x,xi,xii. secepatnya ya, ok thanks

Posted by: rhahmadini | 22.07.2007

bagi yang punya soal olimpiade kimia tingkat propinsi, aku butuh banget, minta dong kirim ke Jabir@chem.its.ac.id

Posted by: Nurul Huda Ja'far | 25.07.2007

plizz dunx aku minta soal olimpiade math.

YAng banyak...
thax, kirimin ke beryl_posh@yahoo.co.id

Posted by: beryl | 28.07.2007

tolong kirimin soal-soal olimpiade matematika smp + pembahasannya donkz....
kalo bisa secepatnya ya....
kirimin ke puz_mystrile@yahoo.com
makasis..

Posted by: puja | 29.07.2007

boleh minta soal2 olimpiade matematika sd ? anak saya butuh untuk latihan persiapannya. mohon bisa dikirim ke santyd05@yahoo.co.id.

terima kasih banyak.

rgds,
santy

Posted by: santy | 31.07.2007

boleh gak minta bantuannya untuk dikirimkan koleksi soal fisika smp sma

Posted by: abdul jamil | 03.08.2007

Tolong kirimi soal olimpiade matematika beserta pembahasannya. kalau tidak bisa ya kasih alamat website yang memuat soal2 tsb.

Posted by: iAntz | 07.08.2007

assalamu'alaikum
tolong kirimkan data tentang hewan AVERTEBRATA gambar, ciri-ciri hewan juga keterangan dari hewan tersebut.trim.ini mau saya buat sebagai data dalam skripsi saya...trima kasih sebelumnya.
wassalamu'alaikum

Posted by: ahmad shobarudin | 13.08.2007

Boleh minta tolong gak???
boleh minta soal2 olimpiade fisika terutama untuk nasional dari tahun 2000 - 2006 beserta solusinya ya...pliz sebelum bulan sptember karena aku harus ikut olimpiade bulan september plizzzz...
thx be4...
God bleZzz u....

Posted by: chrisna | 14.08.2007

Tolong kirimin saya soal dan pembahasan olimpiade fisika untuk SMU atau website yang berhubungan donk,,
Soalnya sya sangat interest banget dengan fisika...
Thanks berat!

Posted by: mayendra | 18.08.2007

mas, hsil OSP SMP 2007 udh kluar blom???
kalo udah kirim ya ke email saya
fuad.ikhwanda@gmail.com

Posted by: fuad | 18.08.2007

tolong kirimin soal-soal olimpiade fisika tingjkat kota, propinsi,nasional , sekaligus international yang SMP dan SMA kalau bisa dengan pembahasannya ! Trim's before

Posted by: Henry | 22.08.2007

tolong kirimkan saya bank-bank soal yang menjadi dasar pembuatan soal olimpiade fisika tingkat SMA! terima kasih banyak sebelumnya.

Posted by: muhammad fauzan | 25.08.2007

tolongin dong kirimin soal-soal olimpiade astronomi tahun lalu soalnya itu penting banget untuk membantu saya dalam mempelajari astronomi.

Posted by: citra | 25.08.2007

satu lagi soal olimpiade khusus SMA

Posted by: citra | 25.08.2007

Tolong dikirimin soal2 dan pembahasan osn astronomi dari tahun 2000-2006 dong... Plisss... Soalnya penting bgt buat aku.

Posted by: neesha | 28.08.2007

oya.... yang untuk sma nya ya. pliss kirimin secepatnya ya . coz waktunya undah ngepet banget

Posted by: neesha | 28.08.2007

mohon dikirim soal-soal olimpiade fisika tingkat smp
trims

Posted by: satrio | 28.08.2007

Bagi anda yang memiliki rpp biologi kls xi ipa, tolong dong kirimkan ke sudarto_smansa@yahoo.co.id

Posted by: sudarto,s.pd | 31.08.2007

Tolong di kirim via imel: lovekalvari@yahoo.co.id soal-soal olimpiade sains nasional kimia, matematika, fisika smp/sma dan di mana situs yang menyediakan info tsb.
Makasih

Guru SMA Eben Manado

Hans

Posted by: kalvari | 01.09.2007

tolong kirim soal-soalnya dongggg

Posted by: espara | 04.09.2007

tolong dong kirimin soal-soal olimpiade biologi, fisika, kimia, matematika, komputer, astronomi, ekonomi ya tolong sekalian sama pembahasannya ya plisss

Posted by: gema | 08.09.2007

Ass.......
Maaf kak! bisa nggak saya dikirimkan soal olimpiade matematika baru2 in. Serta pembahasan mengenai pemahaman penting biologi? Kalau bisa secepatnya kak!
Wassalamualikum Wr.Wb

Posted by: arfandy | 08.09.2007

maaf,tolong kirimkan saya soal soal olimpiade fisika kelas 2 dan 3

Posted by: aprian | 10.09.2007

dimana saya bisa mendapatkan contoh soal-soal olimpiade sains tingkat sekolah dasar... tq sebelumnya

Posted by: Adi | 13.09.2007

ass..
mnt tlong donk...
krmn conth soal2 fisika yg materi nya tentang hkm gravitasi newton,elastisitas,dan pegas...kls XI..bsrta jwbnnya dan rumus2nya...
msg2 min 11 soal yaa..
secepatnya yaa...plizz...
thx b4..

Posted by: phiedhe | 15.09.2007

tlng ksh soal2 olimpiade tingkat kota sampai tingkt internasional beserta penyelesaiannya

Posted by: Phatrick | 25.09.2007

terima kasih motivasinya, pengajar fisika dan pembimbing lomba IPA ,selama ini kami hanya mampu menghantarkan siswa di peringkat 9 olimpiade biologi dan fisika tk. kota. Tolong bantu kami untuk mendapatkan soal-soal olimpiade matematika,fisika dan biologi SMP beserta pembahasannya. Sekalilagi trims

Posted by: woro | 25.09.2007

AssaLaamu'aLaikum Wr Wb
PLizzz BwAnGeDz KiRiMin AquW SoAL-SoaL FiSikA kELas XII SeMesTer 1,,,
CaNtuMin jUga PeNyeLesAiannYa yAw,,,
TeNgQyUh BeFoRe eN AftEr,,,
diTungGu SeGerA,,,
KiRimin AjjAh di ALaMat EmaiLqUw:
aku_cinta_uang@yahoo.co.id
WassaLaamu'aLaikUm Wr Wb

Posted by: RiRieZ | 26.09.2007

tolong kirimkan soal-soal fisika olimpiade beserta cara mengerakannya, thank u

Posted by: erid | 26.09.2007

Tolong kirim soal2 kalor mengenai ASAS BLACK beserta penyelesaiannya SEGERA!Lagi butuh banget neI!PLIZZZ



TERIMA KASIH

Posted by: PeteR | 26.09.2007

tolong kirim saya sol2 olimpiade fisika tahun 2007 segera! saya lagibutuh soal2 latihan olimpiade


thanks....

Posted by: fenny | 28.09.2007

tolong kirim-in saya soal dan penyelesaian fisika dasar 1 yang untuk perkulliahan donk.. yang tentang mekanika gerak, usaha energi..
thx..

Posted by: jayadi hadinata | 30.09.2007

tolong kirimi saya soal-soal fisika untuk kelas 3 SMA untuk semester 1, mohon soal disertai dengan penyelesaiannya. dikirimnya di alamat email ini yaw: riris.maharani@yahoo.co.id
terimakasih sangadh...=)

Posted by: silvie | 01.10.2007

Tokong kirimi saya soal-soal olimpiade ipa untuk tingkat SD... segera! ! ! cepetan...pLiZt!!!!

Posted by: sayyie | 01.10.2007

Tolong kiriMi sAya soAL2 oLimpiade SaiNs iPa SD,,,seBanyak-banYaknYa!!! oL...cePeT!!! seGeRa???!!!!!.........pLiZt:>! ! !

Posted by: sayyie | 01.10.2007

kirimin donk soal-soal fisika UMPTN!!!

Posted by: uMa | 03.10.2007

tolong kirim materi dan soal-soal fisika dan matematika smp dan sma. tolong juga kirim soal-soal olimpiade fisika dan matematika tolong kirim ke email saya ade.wahyu@yahoo.co.id

Posted by: ade wahyu | 06.10.2007

tolang kirim soal olimpiade matematika beserta penyelesaiannya........kalau bisa dari tahun 2001

saya minta tolong banget

please yah

thanks

Posted by: kris | 07.10.2007

Tolong kirimi saya soal2 fisika ya buat SMA.Kalau bisa sekalian pembahasannya.Klo gak bisa gak apa2.
Kirim aja di natz_boy_91@yahoo.com.
Terima kasih

Posted by: Richard | 12.10.2007

tolong kirimin saya soal-soal fisika buat SMA tentang elastisitas. tolong sekalian dengan jawaban penyelesaiannya atau pembahasannya. please saya perlu banget. tolong ya.

Posted by: izonk | 21.10.2007

tolong kirimin saya soal-soal fisika buat SMA tentang elastisitas. tolong sekalian dengan jawaban penyelesaiannya atau pembahasannya. please saya perlu banget. tolong ya.
kirim aja ke iz0_nk@yahoo.co.id

Posted by: izonk | 21.10.2007

saya dari SMA N I Purwakarta saya mengikuti ekskul olimpiade fisika,oleh karena itu saya boleh nggak minta soalnya dan cara penyelesaiannya.
terima kasih atas perhatiannya

Posted by: abdul aziz | 21.10.2007

Pak tolong kirimi soal dan pembahasan olimpiade fisika smp.kirim ke email irza_28_05_83@yahoo.co.id. Thank's

Posted by: ade irmawan | 23.10.2007

Mohon dengan sangat kirimi saya Contoh soal olimpiade Biologi tingkat SMP ( tingkat Kabupaten/provinsi ) please.... sy sangat butuh untuk memberikan motivasi pada anak2 murid saya.

Posted by: purwanto | 24.10.2007

tolong kirimi saya soal soal olimpiade matematika di corz0307@yahoo.com

Posted by: corry | 27.10.2007

mohon dikirimkan soal-soal olimpiade tingkat smu ke email saya!

Posted by: rynto | 28.10.2007

Tolong kirimin soal olimpiade kimia ke joshua_rusli_li@yahoo.com.kalau bisa beserta penyelesaiannya ya.^^

Posted by: Rusli | 01.11.2007

Tolong kirimkan saya soal-soal latihan Olimpiade Fisika tingkat SMA. Terima kasih

Posted by: Fatma | 05.11.2007

Ass...Ganesa exact..Tolong kirimkan soal_soal olimpiade fisika dan matematika ke almt email sy: umyst_yume@yahoo.com

Posted by: Uum | 08.11.2007

Ass...Ganesa exact..Tolong kirimkan soal_soal olimpiade fisika dan matematika ke almt email sy: umyst_yume@yahoo.com

Posted by: Uum | 08.11.2007

kirimi saya soal soal dan pembahasan matematika UN matematika SMP serta SMA dong ....dan juga RPP dan silabus yang lengkap

Posted by: imam faskhuri | 13.11.2007

ASS......saya seorang guru matematika,,,tolong kirimi saya soal-soal SMP dan SMA UN dan pembahasanya do....
dan RPP serta silabusnya ya.....

Posted by: imam faskhuri | 13.11.2007

kirimi saya soal dan pembahasan matematika SMA maupun SMP untuk UN serta silabus dan RPP nya yaaaaaa

Posted by: imam faskhuri | 13.11.2007

kirimi saya soal dan pembahasan matematika SMA maupun SMP untuk UN serta silabus dan RPP nya yaaaaaa

Posted by: imam faskhuri | 13.11.2007

tolong banget kirimi saya soal-soal fisika untuk kelas X,XI,XII beserta juga pembahasannya.
terimakasih atas perhatiannya.

Posted by: Fahrezi | 16.11.2007

tolong banget kirimi saya soal-soal fisika untuk kelas X,XI,XII beserta juga pembahasannya.
terimakasih atas perhatiannya. Kirim ke sini yaaa!!!
rheyzee@gmail.com

Posted by: Fagrezi | 16.11.2007

Ini tidak lengkap. coba kase bagus kasana dulu itu referensi

Posted by: awaludin | 17.11.2007

ass. tolong kirimkan saya kumpulan soal olimpiade fisika kls x x1 x11 dan pembahasannya krn saya salah satu guru di sma 1 gayo lues NAD

Posted by: zul | 18.11.2007

ass. tolong kirimkan saya kumpulan soal olimpiade fisika kls x x1 x11 dan pembahasannya krn saya salah satu guru di sma 1 gayo lues NAD

Posted by: zul | 18.11.2007

Tolong krmkan saya kumpulan soal olipiade fisika kls x x1 x11 beserta pembahasannya krn selaku pengajar disalah satu sma n 1 gayo lues NAD. Trim

Posted by: zul | 18.11.2007

Tolong krmkan saya bank soal olimpiade fisika untuk kls X, XI, XII dan pembahasannya. saya ini guru kelas di salah satu SMA N1 Blang kejeren NAD

Posted by: zul | 18.11.2007

Tolong krmkan saya bank soal olimpiade fisika untuk kls X, XI, XII dan pembahasannya. saya ini guru kelas di salah satu SMA N1 Blang kejeren NAD

Posted by: zul | 18.11.2007

tlg krmkan kumpulan soal-soal olimpiade fisika untuk kls x,x1,x11 dan pembahasannya

Posted by: zul | 18.11.2007

saya seorang guru Biologi SMP di kabupaten Malang. mohon dikirimi soal-soal olimpiade biologi. thanks

Posted by: yusuf muawiyah | 20.11.2007

tolong dikirim soal olimpiade sains smp ke emailku donk

Posted by: rukminta | 20.11.2007

tolong kirim dong soal kimia , fisika , and matematika kelas 2 ipa (SMA)..thanks ya Ganeca...=)

Posted by: Angelique | 30.11.2007

Tolong dong kirimin kumpulan soal-soal olimpiade nasional ataupun internasional untuk pelajaran kimia, fisika, biologi, matematika, astronomi, dan komputer.
aku tunggu segera ya....
makasih banyak.........

Posted by: Intan | 01.12.2007

mohon dikirimkan soal-soal olimpiade sains untuk SD. Terima kasih sebelumnya.

Salam

Posted by: Abby Makarim | 02.12.2007

Tolong kirimin soal2 fisika + pembahasannya kelas 2 SMA
ya!!

Posted by: Fahrezi | 03.12.2007

Tolong dong kirimin aku soal olimpiadae Fisika mulai dari tahun 2000-2007 serta pembahasan nya. Dan soal olimpiade Matematika mulai dari tahun 2000-2007 serta pembahasaqn soal nya. Boleh juga soal Biologi, Kimianya
ini emailku : sumarsonohs@gmail.com

Tekasih

Posted by: sumarsono hs | 04.12.2007

Tolong kirimin soal2 fisika, kimia, matematika dan biologi + pembahasannya kelas 1, 2, 3 SMA
ya!!

Posted by: sumarsono hs | 04.12.2007

tolong kirimkan saya soal UMPTN/SPMB FISIKA,MATEMATIKA dan KIMIA,beserta penjelasan nya.kirimkan ke alamat email saya,Tks.

Posted by: aini | 08.12.2007

saya mohon kirimi soal-soal olimpiade fisika dan pembahasannya dari tahun sebelumnya sampai tahun sekarang 2007 ke email aku " rambopcb@telkom.net, makasih banyak............Tuhan Memberkati"

Posted by: rambopcb | 16.12.2007

minta soal olimpiade.....
thx

Posted by: oka | 18.12.2007

tolong kirim soal-soal kimia plus pembahasan ke-email saya ya...tolong banget aku sangat butuh

Posted by: niam | 18.12.2007

Kang Ganece tolong masukannya buat aku, cara mengajar fisaka biar asyik

Posted by: kangiyan | 21.12.2007

minta tolong diberi soal olimpiade matematika tingkat SMP

Posted by: Izza | 22.12.2007

tolong saya minta dikirimi contoh-contoh soal fisika dan jawabannya, soal fisika smp dn sma...makasih

Posted by: azhar | 23.12.2007

Anak saya kelas 3 SD, akan mengikuti olimpiade sains kuark level II. Tolong dikirimkan materi yang harus dipelajarinya dan contoh soalnya.
Terima kasih sebelumnya.

Posted by: Rahma | 25.12.2007

tolong kirim soal-soal biologi pilihan ganda kls 3 SMA tentang
pertumbuhan dan perkembangan 40 soal , metabolisme 40 soal , substansi genetika 40 soal , pembelahan sel 40 soal
maaf nih saya benar-benar butuh.

terima kasih
reza andrian
reza_bohlam@yahoo.com

Posted by: reza | 26.12.2007

tolong dikirim soal olimpiade sains kuark level 2 (kls3-4).
Thanks sebelumnya

Posted by: Rahma | 26.12.2007

minta kirimin contoh - contoh soal oalimpiade matematika smp! thanx sebelumnya```

Posted by: rahmi | 27.12.2007

this is very good especialy fof studend

Posted by: joko ade nursiyono | 29.12.2007

tolongin aku dong bagi yg punya soal2 fisika untuk olimpiade aku di kirimin..................ok.

Posted by: sukantiningsih | 03.01.2008

tolong kirimi saya soal olimpiade fisika tingkat kabupaten, provinsi nasional dan inter nasional dari tahun 1969 selurhnya beserta pembahasan kalau bisa dari negara lain juga boleh (contohnya olipiade tingkat nasionl amerika, singapura ,dll)

Posted by: fawwaz muhammad | 16.01.2008

Tolong kirimin soal-soal dan jawaban olimpiade fisika

Posted by: depri halasan | 16.01.2008

sooal2 olimpiade fisika ada di tofi.or.id

Posted by: febri | 22.01.2008

saya minta contoh soal dan pembahasan soal soal fisika bagi siswa smp. Terima kasih.

Posted by: uus firdaus | 23.01.2008

tolong dong bagi yang punya kirimkan aq soal olympiade fisika n matematika beserta pembahasannya di emailq.

terimakasih
Asdin
dhidev@yahoo.com

Posted by: Asdin | 26.01.2008

tolong kirimkan soal & kisi2 olimpiade fisika sma tahun 2006.2007.segera.terimakasih.

Posted by: NOVERA | 27.01.2008

plizzzzzzzz... tolong kirimin aq soal kimia buat uan donk ke emailku. thanx

Posted by: merry | 28.01.2008

Tolong kirimkan saya soal-soal persiapan unas smp fisika beserta pembahasannya dan materi fisika smp. Terima kasih.

Posted by: zainul | 01.02.2008

tolong ya kirimin soal2 olimpiade kimia tingkat provinsi sma, trimakasih ...

Posted by: Sherry | 05.02.2008

kayaknya sama dengan yang lain, tolong kirimin aq materi2 fisika smp dan soal2nya,..boleh nambah ga?tolong kirimin aku juga materi2 olimpiade kimia dan matematika dari berbagai tingkatan untuk anak SMA beserta soal2nya.tolong responnya secepat mungkin, kalo bisa besok saya bisa dapat balasannya.terima kasih banyak

Posted by: adi | 05.02.2008

tolong kirimkan pembahasan olimpiade tingkat sma

Posted by: fadhlihs | 11.02.2008

tolong dong yang punya soa2 olimpiade fisika,gue lagi persiapan ngikut nii

Posted by: heryono | 11.02.2008

SAYA MINTA TOLONG KEPADA SEMUANYA. TOLONG BAGI YANG MEMPUNYAI MATERI DAN SOAL-SOAL SMA KIMIA KELAS 1 2 3, SMA FISIKA KELAS 1 2 3, BIOLOGI KELAS 1 2 3, MATEMATIKA KELAS 1 2 3, OLIMPIADE DAN SOAL-SOAL KULIAH SAINS DISERTAI PEMBAHASANNYA. TOLONG KIRIM KE E-MAIL SAYA:
tsabita_85@yahoo.com
saya ucapkan terima kasih. mohon bantuannya ya.

Posted by: mufidah | 12.02.2008

SAYA MINTA TOLONG KEPADA SEMUANYA. TOLONG BAGI YANG MEMPUNYAI MATERI DAN SOAL-SOAL SMA KIMIA KELAS 1 2 3, SMA FISIKA KELAS 1 2 3, BIOLOGI KELAS 1 2 3, MATEMATIKA KELAS 1 2 3, OLIMPIADE DAN SOAL-SOAL KULIAH SAINS DISERTAI PEMBAHASANNYA. TOLONG KIRIM KE E-MAIL SAYA:
tsabita_85@yahoo.com
saya ucapkan terima kasih. mohon bantuannya ya.

Posted by: mufidah | 12.02.2008

Anak saya kelas 3 SD, akan mengikuti olimpiade sains kuark level I. Tolong dikirimkan materi yang harus dipelajarinya dan contoh soalnya.
Terima kasih sebelumnya.

Posted by: Supriyadi | 15.02.2008

Anak saya kelas 3 SD, akan mengikuti olimpiade sains kuark level I. Tolong dikirimkan materi yang harus dipelajarinya dan contoh soalnya.
Terima kasih sebelumnya.

Posted by: Supriyadi | 15.02.2008

plizzz

kirim soal - soal olimpiade yang biasa keluar plus pembahasannya donk..

thx be4

Posted by: eliz | 17.02.2008

tolong berikan pembahasan soal olimpiade fisika, secepatnya

Posted by: Ardy | 18.02.2008

adik saya kuliah di UNM makassar mengadakan penelitian mengenai "Kemampuan Berpikir Divergen" membutuhkan soal-soal tentang FISIKA tingkat SMP kls 3, serta jawaban dan penjelannya. sebelumnya tak lupa saya ucapkan terima kasih atas perhatian dan bantuannya.

* Saya sangat membutuhkannya dalam minggu ini.

Posted by: yusran | 25.02.2008

Bagi yg ingin nyari situs ttg soal2 olimpiade,download aja di ardhanjauhari.com psti loe dapetin soalx, info lbh lanjut hub or sms di 085257824525, khey

Posted by: Chax 46 | 26.02.2008

saya seorang murid SMP swasta saya minta tolong dikirimkan soal olimpiade fisika tingkat SMP beserta pembahasannya.....
please.. mohon.
wassalam.

Posted by: ZAim | 02.03.2008

Bisa minta tolong gak?...........
Aku minta soal-soal olimpiade fisika buat smp.
Bisa Kan?
Kirimin ke emailku yah......................

Posted by: Raditya Arya | 11.03.2008

Minta soal-soal olimpiade fisika buat smp dong

Sekalian pake pembahasannya yah
Plizz............
Kirim ke emailku



>>Radith>>

Posted by: Radith | 11.03.2008

Ass.maaf sebelumnya, saya anak SMA KELAS 2 IPA 1 cuma mau minta tolong,
tolong kirimkan contoh-contoh dari soal olimpiade tahun 2006/2007. please klu bisa secepatnya COZ SAYA MAU PELAJARI.
THANKS B4
Wass

Posted by: nisa | 11.03.2008

Ass........
Saya mau minta tolong,,,,,kirimin soal-soal olimpiade fisika tingkat nasional + penyelesaiannya dnk,,,saya butuh bgt.
please....................................................
atau web nya juga boleh,
kirim k email saya y..
Thanks b4

Posted by: lyta | 13.03.2008

tolong, guru ponakanku minta carikan soal2 ttg gaya, energi dan usaha untuk stm

Posted by: awi | 17.03.2008

kirim soal fisika ya ke imelq, soalnya ponakanku diminta ama gurunya, ya sekalian untuk belajar walinya kan ...., biar wali gak gapel

Posted by: awi | 17.03.2008

aslm. maaf bknny sy tdk stuju dgn langkah persiapan olimpiade yang bapak/ibu berikan, tapi bagaimana jika ada seorang anak ingin ikut olimpiade tapi prestasinya agak krng, sedangkan analisa anak tersebut unggul. kan dalam fisika tsb d butuhkan analisa yang kuat bukan konsepnya yang kuat. apakah anak tersebut bs ikut olimpiade pak/bu?(tolong kirim jawabanny ke yadiferdian_iq@yahoo.com. thak's)

Posted by: ferdi | 18.03.2008

Mohon dapat dikirim soal-soal latihan olimpiade sains tingkat SD, tirimakasih atas bantuannya

Posted by: Y. Endratno S | 19.03.2008

Assalamu'alaikum....

Saya ingin minta tolong.......

Tolong kirimin soal dan cara penyelesaian Dinamika Gerak II klas XI IPA untuk belajar..

Wassalamu'alaikum

Posted by: I.Andhika.P | 20.03.2008

Saya ingin minta soal-soal dan pembahasan tentang olimpiade fisika tingkat kabupaten,karna saya ingin meraih prestasi dari olimpiade ini....

Posted by: RIKKI ANDAR FIYAN SAPUTRA | 27.03.2008

saya minta kirim contoh-contoh soal olimpiade fisika,baik dari
tingkat kabupaten,provinsi,nasional dan internasional agar bersedia mengirimkan ke email saya.Saya ucapkan terimakasih bagi siapapun yang telah menirimkan ke email saya.

Posted by: RIKKI ANDAR FIYAN SAPUTRA | 27.03.2008

mohon dikirimkan secepatnya soal-soal olimpiade SAINS Nasional tingkat kota, Prop. dan Nasional di emailku, Trima kasih

Posted by: AKHMAD A.F | 28.03.2008

saya guru smp yang ada di pedalaman tolong kirimkan soal-soal olimpiade fisika tingkat kab/kota. propinsi dan nasional sekaligus cara menyelesaikannya. tolong ya....!!!

Posted by: I PUTU SUDINA ADNYANA | 29.03.2008

Ass ,
saya kLz XI IA ,
Saya minta tlng d krmin soal2 olimp. Fsk donk ..
aLNa ntr ge saya mw ikt olmpid
pLiz .......
Krm k email saya ...
Tnkz ..

Posted by: dINda | 29.03.2008

Ass ,
Q bz mnta tLng gag ?
Krimin Q soaL2 oLmpid. fsk + pmbhasannya donk ..
Coz apriL nnti Q ngktin oLmpid. Fska ..
pLizzz .....
thankz ..

Posted by: dINda | 29.03.2008

mm bs mnt tlong ngga,tolong dong kirimin soal2 persiapan UN

Posted by: bayu adri n | 30.03.2008

tolong kasih tau gmna caranya memecahkan soal soal Fisika kelas 1,2,dan 3 SMA serta prediksi soal OLIMPIADE tahun sekarang, plissss kasih tahu yaaa,

Posted by: Moh Daud | 31.03.2008

Ass ,
tLong krimin sILabus or soaL2 oLimpD fsk tngkT zmA doNk ..
coZ nTr ge Q mw ikT oLmpD nEy ...
pLeAz ...........
khsuZna 'bouT mEKanika ..
kRm k emaiL Q ,
dINda_bLendung@yahoo.Co.Id
thNkz ..
wAZ ,
=>

Posted by: dINda | 02.04.2008

TOLONG DONK BAGI ORANG YANG TELAH MENDAPAT CONTOH SOAL DAN PENYELESAIAN OLYMPIADE FISIKA DIBAGI-BAGI....PLIZZZ HELP ME SECEPATNYA.

Posted by: LUMEAN | 03.04.2008

soal2 n pnylesain bwt physics olympiade dong!!
Yg thn 2006 tk kabupaten klo bs,,alx y 2007 udh ada..
please ya..
thx..God Bless

Posted by: Gaelle | 04.04.2008

saya sorang foster mother. Anak saya (kelas 1 SMU) bermasaalah, saya ingin dia belajar lebik baik lagi. saya bertanya bagaimana saya bisa membimbingnya untuk bisa belajar fisika yang baik. Bisakah saya dibantu dengan soal-soal dan cara pemecahannya?

Posted by: masdiarb@indo.net id | 11.04.2008

tolong kirimkan saya contoh soal olimpiade matematika SMP beserta penyelesaiannya

Posted by: wawan | 12.04.2008

tolong kirimkan saya contoh soal olimpiade matematika SMP beserta penyelesaiannya

Posted by: wawan | 12.04.2008

Kepada seluruh guru atau siswa SMA yang ada di Indonesia,
Dengan hormat saya minta bantuannya untuk mengikuti olimpiade fisika..
Tolong kirimkan saya soal-soal latihan beserta penyelesaiannya yang jelas untuk olimpiade fisika...
saya mengharapkan bantuan dan doa dari kalian semua..
Bila kalian mempunyai soal fisika (soal latihan dan penyelesaiannya) tolong kirimkan ke alamat email saya.

Lira.Zahara@yahoo.co.id

Posted by: Lira | 13.04.2008

tolong bwat yang punya materi-materi fisika beserta jawabannya
kirimkan ya...
^_^
thx

Posted by: anggi atma | 13.04.2008

tolong minta soal-soal olimpiade tingkat smp baik yang propinsi maupun yang nasional
terimaksih

Posted by: setiawan | 14.04.2008

eh semua yang punya soal olimpiade kimia tingkat provinsi or informasi tolong donk bagi-bagi!aku minta tolong nich kirimin ke Kunyuk_Q@yahoo.co.id
Please....aku butuh banget!

Posted by: indra | 16.04.2008

mohon dikirm soal-soal olympiade fisika tingkat smp mulai dari jenjang tingkat kabupaten/kodya hingga tingkat nasional

Posted by: ABDU ROKHMAN | 17.04.2008

kirimin artikel fisika ttg "keseimbangan benda tegar" dnk pliissss !!!! kirimin skrg ke email sya. butuh bgtt!! deadline, bsok mo dikumpulinnn,, pliss bgtt yhhh!!!


thx bgt

Posted by: dynii | 17.04.2008

tllggg kirimin sy artikel fisika ttg keseimbangan benda tegar dnkk pllllllllllllliiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiisssssssssssssss!!!!


deadline bgt nih bsok di kumpulinn...!!! pliss yh !


kirim ke (bruangg_kodokk27@yahoo.com)

thx

Posted by: dynii | 17.04.2008

Ass,saya meminta dikirimkan soal-soal olimpiade fisika tingkat provinsi dan pembahasan soal-soal tersebut,karena saya mewakili dari kabupaten OKU untuk ikut olimpiade tingkat provinsi dan saya mendapat peringkat pertama olimpiade fisika tingkat kabupaten.....Sebelumnya saya ucapkan terimakasih kepada siapa saja yang telah bersedia mengirimkan permintaan saya diatas.Saya meminta permohonan ini karena saya tahu pengetahuan saya masih kurang dan guru pembimbing saya mengatakan soal olimpiade fisika di tingkat provinsi lebih sulit dari pada tingkat kabupaten.Wasalam

Posted by: RIKKI ANDAR FIYAN SAPUTRA | 17.04.2008

tolong kirimin soal fisika SMP dunk , saya akan mencetak adik saya untuk jadi juara olimpiade fisika..
tolong bantuin yaaa......plizz

Posted by: sofyan | 18.04.2008

Ass,
ToLng KrMiN QuW sOaL-sOaL OlymPiaDe BioLogI,aStRoNoMi,Matematika ama Fska DunKzzz........
Quw Gie pErLu BnGetZ nIeChZt..............
TaHun Brapa Ajza Deeech......
PlIzZzZ.........

Posted by: fadila | 20.04.2008

Ass,
ToLoNg BgI-Bgi Soal-sOal OlYmPiAde BiOloGi,AsTroNomI,KomPuter,aMa MateMaTikA tnGkt SmA DwoUnkZ.........???TaUn bRapa Ajza Dech??Low bSa,Dri tNgkt Kab./KoTa smpe InternAsional + pEmbAhAsaNnYA.....Quw Mnta TlG kRiMin Ke fadilaaftriani@yahoo.co.id.SoAlnYa,BuLan NiE,QuW moW iKut OlyMpiade.....
ThAnkz B4

Posted by: fadila | 20.04.2008

toLong..
KasiH tAu SoaL un fiSika tiNGkat sMp Donk....

Posted by: ila | 26.04.2008

Mas/mbak yang saya hormati, saya ingin dikirimi soal-osn dan pembahasannya untuk tingkat smp 5 tahun terakhir, berkenan gak ? nuwun....

Posted by: PAK HANA | 27.04.2008

Ass...Wr.Wb.

Mas/mbak yang saya hormati, saya ingin dikirimi soal-osn dan pembahasannya untuk tingkat smp dan sma yang lima tahun terakhir, tolong banget end atas pertolongannya trimakasih.

Posted by: samsudin | 28.04.2008

mohon kirim contoh soal olimpiade matematika dan IPA untukk SD. bisa juga beserta kunci jawaban. Seandainya diperkenankan,mohon dikirim ke email saya hari ini (senin,28 April 2008). terimakasih sebelumnya.... Wassalam.

Posted by: erry | 28.04.2008

Tolong kirimin SKL fisika SMP dong+soal fisika 5th terakhir.
Mau buat buku.
Biar semua daerah pedalaman bisa belajar dari buku ini nanti.
Ke alamat brittle_maiden@yahoo.com.sg

Terima kasih

Posted by: noRi | 06.05.2008

mohon dikirim soal seleksi olimpiade fisika tingkat provinsi tahun 2000 s.d. 2007

Posted by: suharjiman | 08.05.2008

tolong kirim dong yang punya soal olimpiade fisika please kelas brapa aja!!!!!!!!! Thank alot sebelumnya, skalian juga kalo ada soal kinematika satu dan dua dimensi khususnya gerak parabola. Email aq ya qtunggu lho:)

Posted by: banu | 11.05.2008

tolong bagi soal dan jawabannya dong untuk latihan olimpiade sains nasional fisika tingkat propinsi. thanks a lot

Posted by: chevalie brawijaya | 12.05.2008

Tolong donk kirimi saya soal olimpiade untuk tingkat SMP beserta pembahasannya . Terima kasih sebelumnya

Posted by: susilo utomo | 13.05.2008

bapak yang terhormat,bolehkah saya minta latihan soal olimpiade sains tingkat SD beserta pembahasannya.saya ingin murid saya bisa masuk minimal 15 besar tingkat propinsi.sebelumnya terima kasih saya ucapkan

Posted by: TRIA | 26.05.2008

Yth, Bapak Pembimbing tolong bisa kirim soal-soal Kimia dan Fisika untuk menghadapi test masuk PT
Terima kasih atas bantuannya

Posted by: Abdul Rosyid | 27.05.2008

Pa guru...., saya jg guru fisika. Boleh nggak sharing tentang pembelajaran fisika? Sy tertarik dengan Anda yag katanya pembimbing OSN. Sy juga pembimbing OSN, bagi-bagi pengalaman yuuk.

Posted by: basman | 27.05.2008

assalamu alaikum
pak boleh saya belajar dari bapak tapi lewat email pertanyan saya dikirimkan melaui email saya tertarik denga fisika bagaimana tips untuk mencintai fisika ? saya tunggu jawaban bapak

Posted by: febriani limonu | 28.05.2008

TOLONG KIRIMI SAYA SOAL OLIMPIADE SD TINGKAT KOTA/KABUPATEN

Posted by: lanny | 03.06.2008

kirimin soal+pembahasan olimpiade fisika internasional donkz

Posted by: uwie | 03.06.2008

gimana sih caranya biar suka sama pelajaran fisika?? trus gimana juga caranya biar cepet ngerti, perasaan materinya susah2 deh...

minta contoh soal fisika kelas XI dan XII plus jawabannya ya..
makasih..

Posted by: niss | 07.06.2008

Bgmn hasil seleksi olimpiade sains prov sulbar?

Posted by: Wirna | 20.06.2008

tolong dikiriman soal-soal olimpiade serta cara penyelesaiannya, slx saya kurang yakin dengan jawaban saya dengan soal2 oli,piade yang saya kerjakan lagian saya ikut lomba olimpiade tingkat smp tahun depan

Posted by: dahryanto | 25.06.2008

tolong dikiriman pelajaran fisika dari kelas VII sampai dengan VIII

Posted by: dahryanto | 25.06.2008

Tolong kirim soal olimpiade fisika dan astronomi sma serta pembahasannya untuk tingkat kab/kota, prov dan nasional. terima kasih

Posted by: John Dharmawan | 28.06.2008

Tolong kirim soal olimpiade fisika dan astronomi sma serta pembahasannya untuk tingkat kab/kota, prov dan nasional. terima kasih

Posted by: John Dharmawan | 28.06.2008

tolong donk kirimin aku soal-soal olimpiade tingkat smp {fisika}

Posted by: fadhla rizkia | 29.06.2008

Assalamualaikum.
Bapak/Ibu yang terhormat. Saya minta tolong untuk dikirimkan soal dan pembahasan untuk olimpiade fisika dan astronomi via email untuk teman saya yang menjadi guru smp.
Terima kasih atas perhatian dan bantuannya.

Posted by: Dadan Eka Firmansyah | 02.07.2008

Kl ada yg punya contoh soal olimpiade fisika smp tk internationl tlg kirim ke sy, ntar sy kasih info ttg lesson study. Trims

Posted by: Muchlis | 05.07.2008

tolong banget dikirimin soal-soal olimpiade fisika tingkat nasional tahun 2007. please bangetzzzz.............

kirimnya ke cichagirl05@yahoo.com


makaci.....................

hanya Tuhan lah yang membalaznya. (amin.......)

Posted by: ciyra | 13.07.2008

tolong kirimkan soal olimpiade fisika dan pembahasannya untuk tingkat SMP
kirim ke lm_novrianto@yahoo.com

Posted by: novrianto | 18.07.2008

bs ga kirimin soal2 fisika n pembahasannya ke e-mail saya? pliiiiissss, (ie2_atawish@yahoo.com)

Posted by: ie | 01.08.2008

tolong kirimkan soal olimpiade fisika dan pembahasannya untuk tingkat SMP, aku sngat butuh. thank!

Posted by: edy | 08.08.2008

Tolong kirimkan soal-soal fisika,, yang tingkat kesulitannya sama dengan soal-soal olimpiade fisika. karena saya insya Allah mau ikut olimpiade fisika.
Tapi jangan soal olimpiade, karena saya sudah punya.
Tolong kirim ke e-mail saya. Terima kasih........

Posted by: singgih | 16.08.2008

tolong kirimi soal dan kisi-kisi olimpiade bahasa inggris

Posted by: martono muhammad | 26.08.2008

Tolng minta contoh soal olimpiade Biologi
Pleazzeee!!!!!
Makasih sebelumnya

Posted by: Donnie | 10.09.2008

emm,,yg pnya soal olpiade mtmtka ma fska yg SMP..tlng krm k e-mail q y d virus_chantique@yahoo.co.id,,plizzzzzzzzzzzzzzzzzzz yAw..

Posted by: afa | 13.09.2008

Tolong bantu saya cari guru fisika dan kimia yang mumupuni ukt mengajar anak saya, umur 9 thn, tapi matematika kumon sdh lulus dan english jg sebentar lagi lulus. Jadi saya benar2 perlu guru yang prof.

Terimakassih

Posted by: A. Malik | 13.09.2008

tolong kirimkan soal olimipiade fisika....................

Posted by: ajikan | 14.09.2008

tolong dikirimkan soal - soal fisika kelas smp VII dan VIII beserta pembahasan cara kerjanya. Makasih sebelumnya..

Posted by: enfi | 15.09.2008

tolong kirimkan soal - soal fisika smp VII dan VIII beserta pembahasan cara kerjanya ke saya. Trims sbelumnya

Posted by: enfi | 15.09.2008

saya agak bermasalah dgn pelajaran fisika mohon bantuannya untuk d beri arahan yg baek dan jg metode ap yg hrz saya lakukan utk bza senang d fisika serta saya ingn mnta model soal2nya trima kasih

Posted by: bayu irawan | 20.09.2008

Tolong dong,,,,.... beri saya soal-soal olimpiade fisika dan matematika SMP mulai tk.kota sampe nasional ya.... Dan juga pembahasannya, kalau bisa kasih contoh soal-soal yang pernah dilombakan.Plizzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzz
Trims ya....

Posted by: millah | 23.09.2008

tolong kirimin aku soal olimpiade fisika smp tingkat kota, propinsi, nasional ke yohanes_h08@yahoo.com

Posted by: Yohanes H Smi | 23.09.2008

tolong dong kirimin aku soal olimpiade fisika smp tingkat kota, propinsi, nasional tahun 05-08

Posted by: budi | 16.10.2008

tolong dong aku dikirimi soal olimpiade fisika yang buat anak SD, tengkyu

Posted by: suryanto | 16.10.2008

tlong kirim donk soal2 olimpiade fisika sma.
q pngen bgt ikut olimpiade...

tips biar ga malas blajar fisika gmana ya??
soalnya klo dah dnger fisika...
huh,, malez bgt dehh....

Posted by: sry | 23.10.2008

TOLONG KIRIM SOAL2 FISIKA spmb MA PEMBAHASAAN NYA YA thx Bgt!!!!!

Posted by: eldorado | 04.11.2008

saya seorang pelajar kelas 11, jujur merasa kebingungan dengan pelajaran fisika, maka dari itu dengan keikhlasannya tolong kirimkan saya soal+pembahasan kelas 11nya ya. . . ditunggu, thanks before. .

Posted by: ulfah | 10.11.2008

tolong kirimi contoh soal matematika kelas X semester ganjil+jawabannya

Posted by: muna | 14.11.2008

tolong kirimi saya soal soal olimpiade matematika ato fisika SMA beserta penyelesaiannya ke classicgame_scenario@yahoo.com

makasi !

Posted by: henny | 14.11.2008

tolong kirimi saya soal-soal olimpiade fisika dan pembahasannya. thanks

Posted by: ardita | 17.11.2008

tolong dong kirim soal SMA kls X, XI, XII dan pembahasannya

Posted by: syamsudin | 17.11.2008

Eh kirim juga soal olympiade + pembahasannya,
Sorry, soalnya siswa saya mo dikirim jadi peserta pra olympiade kabupaten

Posted by: syamsudin | 17.11.2008

plizzz bwt fisikanet krmi vie2 sol2 olimpiade fiska....
tlg ya, q tunggu.
thanks.

Posted by: vie2 | 18.11.2008

ujank,,,,,,,,,

Posted by: ujank | 18.11.2008

terimakasih, bisa dikirimkan soal dan penyelesaian soal soal olimpiade sma kelas X , XI, dan XII. Terimakasih dan salam kenal

herrifisika

Posted by: herritrilaksana | 19.11.2008

Kami mohon dengan sangat minta dikirimi soal - soal fisika olimpiade SMP. terima kasih atas perhatiannya.

Posted by: soli | 21.11.2008

Met Malam
Minta tolong saya dikirimi soal-sola olimpiade fisika
makasih atas perhatiannya

Posted by: M.Suhudi | 25.11.2008

Ass...
Kepada bapak/ibu yang terhormat.
saya tika di pontianak.
saya minta tolong Kepada bapak/ibu untuk bersedia mengirimkan data soal-soal olimpiade fisika dan pembahasannya ke alamat email saya ...
karena saya sangat membutuhkannya dalam menyelesaikan mata kuliah yang sedang saya ambil...
dimohon kesediaan Kepada bapak/ibu untuk berkenan membantu saya...
atas perhatian dan bantuannya saya mengucapkan terima kasih...

Posted by: tika | 28.11.2008

Mas .,
Bsa mnta soal2 fisika dan pmbahasannya.,.?
tentang semua bab klz 11 smester 1 .,
ttg momentum dan impuls, kinematika, dinamika, usaha dan energi . ,

yang agak bnyak ya .,
soalnya utk bljr utk smesteran ne .,
hehe .,
thx b4. ,

Posted by: Ro | 28.11.2008

tolong bantuin dong kirimin aku soal-soal olimpiade kuark tahun 2007 level 1 beserta jawaban dan penyelesaiannya bisa dikiraimkan ke email ku
k_hoirunnisa@yahoo.co.id

tanks ya atas bantuannya
salam


nisa

Posted by: khoirunnisa | 04.12.2008

mohon dikirimi soal-soal olimpiade fisika untuk 3 smp.trimakasih sebelumnya

Posted by: ani | 04.12.2008

saya guru fisika smp, tolong soal-soal olimpiade fisika SMP tingkat kota, prop, dan nasional tahun 2002 sampai 2008 atau tahun berapa aja

Posted by: Yohanes H. | 09.12.2008

saya guru fisika smp, tolong soal-soal olimpiade fisika SMP tingkat kota, prop, dan nasional tahun 2002 sampai 2008 atau tahun berapa aja

Posted by: Yohanes H. | 09.12.2008

saya guru fisika smp, tolong soal-soal olimpiade fisika SMP tingkat kota, prop, dan nasional tahun 2002 sampai 2008 atau tahun berapa aja

Posted by: Yohanes H. | 09.12.2008

Ass. Saya seorang Mahasiswa yan sdang mlanjutkan study di Unsyiah, Trimah kasih banyak ya Pak kalau bisa mengirimkan contoh2 soal fisika dan penyelesaiannya serta materi ajar fisika SMA & SMP ke alamt email: aronlahanta@ymail.com ...Wslm

Posted by: Aron Lahanta | 15.12.2008

. pliZzzz krimin aQ contoH soal olimpiade Sains KhususNya Fisika ,,
aQ mohon secepatnya k` email qu
. seBelum tgL 10 jaNuari ok...!
. aq mhon secepatnya!

Posted by: irma | 16.12.2008

pliiiiiiiiiizzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzz
aq mhon Banget krimin aq contoh soal soal olimpiade sains beserta pembahasanya , khususnya untk soal oliMpiade fisika, biologi, dan kimia,
Plizz tolong secepatnya kirim ke alamat email irma_tremendousuchiha@yahoo.co.id
sebelum tanggal 5 januari
aq mohon
ok...!

Posted by: irma | 16.12.2008

pliiiiiiiiiizzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzz
aq mhon Banget krimin aq contoh soal soal olimpiade sains tingkat smp beserta pembahasanya , khususnya untk soal oliMpiade fisika, biologi, dan kimia,
Plizz tolong secepatnya kirim ke alamat email irma_tremendousuchiha@yahoo.co.id
sebelum tanggal 5 januari
aq mohon
ok...!

Posted by: irma | 16.12.2008

minnta kirimin soal2 olimpiade fisika SMA sama pemecahannya ya... ke rifa.aries@yahoo.com sya pngen tauu.. saya masih klas satuu sihhh.. hehhee

Posted by: rifa | 20.12.2008

tlg kirimin aq soal2 fisika tu kelas 2 SMP

Posted by: aris | 29.12.2008

minta donk materi untuk SD

Posted by: Nindya | 16.01.2009

please kirim soal osn fisika tahun 2005-2008...
aku ada lomba tanggal 20 jan ntr..
tolong kirim ke email aku a.arumsari@yahoo.co.id
thx b4

Posted by: asti | 17.01.2009

please kirimin soal2 olimpiade biologi sma tingkat nasional ato klo ga tingkat daerah ato kota juga ga pa2...
plus kunsi jawab x ato pembahasannya ya...
klo bisa secpt x ya...
thx...

Posted by: a9Niezt | 18.01.2009

mohon dikirimi kumpulan soal-soal olimpiade sains untuk SD tingkat nasional/ provinsi, untuk anak didik kelas IV-VI SD. plus kunci jawaban/ penjelasan jawabannya.
terimakasih.

nuril m. nasir

Posted by: Nuril M. Nasir | 20.01.2009

kirimin soal2 fisika kelas 2 sma ke email ni yaa.... azkiyya@ gmail.com, fani_chocolatoz@yahoo.com, makasiihh..........

Posted by: fani | 22.01.2009

Kepada semuanya tolongin, kiriman soal-soal olimpiade Fisika dan Astronomi untuk tingkat SMP.

sebelumnya makasih sekali kepada siapapun yang sudi dan ridho mengirimnya.

Posted by: setiawan | 24.01.2009

tolong kirimin soal olimpiade matematika tingkat kab s.d nasional dong.. please
makasih.,

Posted by: mai | 26.01.2009

tolong dong kirimin soal olimpiade matematika sma....
please...banget
makasih

Posted by: mai | 26.01.2009

tolong kirimkan soal-soal seleksi tingkat kabupaten/kota,provinsi, dan nasional berikut pembahasannya

Posted by: norman | 07.02.2009

tolong minta alamat email anda dan minta dong beberapa soal olimpiade terutama yang ada di sekolah-sekolah terkenal seprti SPH...

tolong email saya...

enstain.genious@gmail.com

Posted by: albert | 15.02.2009

Mas, bila berkenan saya mau minta soal-soal olimpiade fisikanya. Trim!

Posted by: hajar | 23.02.2009

tolong kirimi-soal-soal olimpiade ke emailku bagi siapa saja yang punya untuk persiapaaan sekolah saya menghadpi olimiade

Posted by: agus nurihsan | 02.03.2009

tolong kirimi soal & pembahasanya osn fisika smp ke emailku bagi siapa saja yang punya

Posted by: budi santoso | 05.03.2009

Tuk Rekan - rekan semua : tolong aku dikiiriman soal-soal olimpiade Fisika dan Astronomi untuk tingkat SMP.

Makasih sebelumnya saya ucapkan tuk rekan-rekan yang berkenan membantu saya.

Posted by: andree | 09.03.2009

Bagi rekan2 semua, please kirimin soal2 + pembahasan olimpiade fisika smp ke e-mailku : y_hape@yahoo.co.id, mksiih...

Posted by: Yusuf Hape | 11.03.2009

siapapun,,tolong kirimin soal olimpiade fisika dari tingkat kabupaten sampai nasional ke email saya : singgih_ade_k@yahoo.co.id
Makasih.........

Posted by: awan | 30.03.2009

Mohon.. Please.. Tolong dengan sangat.. (karena sangat butuh) dikirimi soal osk, osp, osn, atau lomba FISIKA apapun tingkat SMP. Makasih..

Posted by: Aryani | 04.04.2009

please...
kirimin ke e-mail aq soal dan pembahasan tingkat SMA (osk,osp & osn th 2008)

my e-mail: fire_dragon_warrior@yahoo.com

mohon bantuannya
plzz...............

Posted by: ken | 09.04.2009

tolong,kirimi saya soal-soal tentang kesetimbangan benda tegar beserta penyelesainnya.. saya disuruh guru saya cari soal di internet,tetapi saya belum menemukan satu pun,saya berharap anda bisa membantu saya untuk menyelesaikan tugas ini.
dan tolong nanti bisa dikirimkan ke email saya: meongimutz@yahoo.com

terima kasih sebelumnya,.

Posted by: nana | 03.05.2009

tolong kirim soal-soal olympiade fisika beserta pemecahannya,sebelumnya saya ucap kan trima kasih,guru fisika MAN Pulomerak Cilegon Banten

Posted by: nanda | 05.05.2009

tolong kirim soal-soal olympiade fisika beserta pemecahannya,sebelumnya saya ucap kan trima kasih,guru fisika MAN Pulomerak Cilegon Banten.kirimim ajake, nanda_wirya@yahoo.com. di tgg yah

Posted by: nanda | 05.05.2009

tlg krm soal seleksi olimpiade fisika tahun 2009 tingkat kota ke alamat Email saya. secepatnya!!!!!!!!!

Posted by: nanda.lutchu | 17.06.2009

Ass..Tlng kirimin soal2 Fisika kelas XI beserta pembahasannya y..tyuz kirimin juga soal2 Olimpiade Fisika SMA beserta pembahasannya.Ditunggu y...Plis...Mkash

Posted by: Tia | 23.08.2009

Toling pak kirimin soal olmpiade fisika tingkat smp dan sma . plizzzzzzzzzzz, mkasih

Posted by: aan | 17.09.2009

Ass.tolong donk kirimin plg g 30 soal ekonomi semester 1 dan 2 secepatnya ke email pliss email nya kazuya_atsukawa@yahoo.com

Posted by: ryan ramadhan | 25.10.2009

Ass.bagi siapapun yang punya soal & pembahasan olimpiade fisika smp tolong kirimkan ke email : reny_yudya@yahoo.com
mksh sblmnya
Wass.

Posted by: reny | 26.10.2009

Tolong dikirimin soal-soal Fisika SMP untuk olymiade dan cara penyelesaiannya ...
Untuk menghadapi lomba olympiade Fisika tingkat propinsi .. keponakan saya juara kabupaten
Terimakasih

Posted by: urip | 29.10.2009

Saya seorang guru fisika di SMP, mohon bisa mengirimkan soal-soal ilimpiade sains fisika pada saya. Terima Kasih

Posted by: urip | 29.10.2009

tolong-kirimkan soal-soal olimpiade fisika tingkat smp dan pembahasannya untuk referensi membimbing siswa

Posted by: shadaqal abrar | 04.11.2009

tlg kirimi saya soal olimpiade fisika SD

Posted by: ike permatasari | 02.12.2009

kirimin soal- soal olimpiade fisika tingkat nasional n kabupaten serta penyelesainya

Posted by: asmin | 23.01.2010

Siapapun bapak/ibu/sobat semua, tolong kirimi aq so'al2 fisika tingkat SMP untuk persiapan lomba/olimpiade fisika.
kalau punya info sekitar lomba2 sains yang terkait, tolong infokan ke aq ya.
Emailq: ani.khurorin@gmail.com

Makasih b4

Posted by: anikh | 01.02.2010

tolong dikirimi soal olimpiade smp dengan penyelesaiaannya

Posted by: silvester edy | 08.02.2010

bisa saya minta soal2 olympiad SMA fisika yang terbaru??

Posted by: Gina | 18.02.2010

bgiiii ,dunkk soal fisika yang untk smp//

Posted by: nadia putri | 26.02.2010

mohon di kirimi soal dan pembahasan olimpiade fisika tingkat smp..
mohon dgn sangat..
terima kasih
(fitry21@gmail.com)

Posted by: fitry | 07.03.2010

Mohon Bantuannya.......................

Posted by: Nurulia shinta Rahmani | 19.03.2010

adakah yang mengetahui lomba matematika tingkat sd kelas 4 di jakarta untuak bln april atau mei

Posted by: wahyudi | 21.03.2010

bisa minta tolong mengirimkan soal2 dan pembahasan olimpiade fisika...tolong kirim ke email saya
dewi.muthohharoh@gmail.com
terimakasih

Posted by: dewi muthohharoh | 23.03.2010

tlng kirim soal2 olimpiade kimia n pembahasannya

Posted by: amma | 06.04.2010

tolong kirimin tips2 jitu dalam menyelesaikan sal2 OSN fisika....kalau bisa soal2nya sama pembahasannya
tolong kirim ke email saya
kingshinta@yahoo.co.id

Posted by: shinta making | 17.04.2010

kirimi soal olimpiade ipa ya.............

Posted by: rotua sinaga | 06.05.2010

apa ada cara mudah mendapatkan soal2 olimpiade tingkat SD-Sma secara cepat? kalau ada please kasih tahu saya !!!!!!!

Posted by: ratna | 18.05.2010

tolong kirimkan saya tahap persiapan ( program pembinaan ) saya untuk membimbing siswa saya dalam persiapan mengikuti olimpiade fisika sma

Posted by: opik | 21.07.2010

tolong donk krimin soal - soal olimpiade fisika SMA beserta penyelesaiannya....... cpetan yach!!!

Posted by: rezqi sri saleko putri | 26.12.2010

VitoPharma Italia - Vi aiuteremo a risolvere il problema di eiaculazione precoce.Controllati!
rimedio eiaculazione precoce

Posted by: italco | 08.01.2011

Acheter Kamagra 100mg en france - Achat Kamagra en ligne | Vente Kamagra en pharmacie
Vente Kamagra

Posted by: Kamagra | 20.01.2011

Tolong dikirim soal dan pembahasan pelajaran astronomi untuk sma tahun 2009 tingkat kabupaten. makasih
nich mail saya :jhoniharhar@yahoo.co.id

Posted by: jhonihar | 08.02.2011

Tolong dong siapapun, tolong kirimin saya soal-soal olimpiade fisika serta trik-trik dan penyelesaian cepatnya, terimakasih banyak bagi siapapun yang bersedia membantu saya..

Tolong dikirimin via email ke: hoohalfi@gmail.com

atau boleh via facebook: http://www.facebook.com/hdesfarizly

atau boleh via kaskus pm, username: TheJeBeGtec

mohon bantuannya :)

Posted by: TheJeBeGtec | 10.07.2011

Saya mohon dengan sangat bantuannya bapak/ibu/sdr(i), tlg krmkan kumpulan soal-soal olimpiade fisika untuk kls x,x1,x11 dan pembahasannya, tk kota, provinsi, nasional, dan internasional tahun 2000 sampai sekarang mulai soal paling gampang sampai paling susah sekalipun. Kalaupun ada yang menjual soal dan penyelesaiannya, sy siap deh bayar karena sy sangat membutuhkannya, sy pernah meraih medali emas di olympiade fisika nasional SMP, tapi soal2 yang sy punya masih kurang... mohon dibantu pengumpulan soal2 fisika, hubungi sy lewat email ini: muh.1lh4mwing@gmail.com. Terima kasih sebelumnya.

Posted by: ilham | 13.08.2011

Post a comment