23.06.2005

[GE MOZAIK, Juni 2005] – Pentingnya Pendidikan Kecerdasan Emosional

Sejak kecil biasanya siswa diharapkan untuk mempunyai nilai yang bagus di sekolah. Setelah siswa lulus sekolah, mereka diharapkan untuk mendapatkan pekerjaan yang dapat pembantunya meraih “masa depan yang cerah” dan gaji yang tinggi. Banyak orang tua, bahkan para guru, berpikir bahwa nilai tinggi dan lulusan sekolah merupakan jaminan untuk mendapatkan pekerjaan dan kesuksesan dalam karier.

Kenyataan ini memang tidak dapat disangkal. Kemampuan dan nilai akademis yang tinggi dapat membuka banyak pintu bagi kesuksesan seseorang. Akan tetapi, kenyataannya, baik dalam dunia kerja, pribadi, maupun proses belajar mengajar, kemampuan kecerdasan emosional (emotional intelligence) sangat berperan untuk mencapai kesuksesan seseorang. Lapangan kerja yang semakin kompetitif dan spesialis, membuat tidak seorang individu atau institusi mana pun yang dapat mencapai tujuan mereka tanpa harus bekerja sama dalam tim karena setiap orang dipaksa untuk bekerja sama dengan orang lain.

George Lucas, chairman PBS Foundation, mencontohkan bahwa dalam pekerjaannya di bidang pembuatan film, mereka membutuhkan orang-orang yang berbakat dengan keterampilan teknis yang kuat, tetapi kemampuan untuk berkomunikasi dan bekerja sama dengan orang lain tidak kurang pentingnya. “Salah satu hal yang perlu dilakukan oleh sekolah dalam mempersiapkan anak didik ke dunia nyata ialah dengan mengajarkan mereka kemampuan kecerdasan emosional,” ujarnya menambahkan.

Lalu, apa itu kemampuan kecerdasan emosional? Kecerdasan emosional adalah kemampuan untuk mengenali, mengekspresikan, dan mengelola emosi, baik emosi dirinya sendiri maupun emosi orang lain, dengan tindakan konstruktif, yang mempromosikan kerja sama sebagai tim yang mengacu pada produktivitas dan bukan pada konflik.

Seseorang yang mempunyai kecerdasan emosional yang baik akan dapat dikenali melalui lima komponen dasar, yaitu sebagai berikut.
1. Self-awareness (pengenalan diri)
Mampu mengenali emosi dan penyebab dari pemicu emosi tersebut. Jadi, dia mampu mengevaluasi dirinya sendiri dan mendapatkan informasi untuk melakukan suatu tindakan.
2. Self-regulation (penguasaan diri)
Seseorang yang mempunyai pengenalan diri yang baik dapat lebih terkontrol dalam membuat tindakan agar lebih hati-hati. Dia juga akan berusaha untuk tidak impulsif. Akan tetapi, perlu diingat, hal ini bukan berarti bahwa orang tersebut menyembunyikan emosinya melainkan memilih untuk tidak diatur oleh emosinya.
3. Self-motivation (motivasi diri)
Ketika sesuatu berjalan tidak sesuai dengan rencana, seseorang yang mempunyai kecerdasan emosional tinggi tidak akan bertanya “Apa yang salah dengan saya atau kita?”. Sebaliknya ia bertanya “Apa yang dapat kita lakukan agar kita dapat memperbaiki masalah ini?”.
4. Empathy (empati)
Kemampuan untuk mengenali perasaan orang lain dan merasakan apa yang orang lain rasakan jika dirinya sendiri yang berada pada posisi tersebut.
5. Effective Relationship (hubungan yang efektif)
Dengan adanya empat kemampuan tersebut, seseorang dapat berkomunikasi dengan orang lain secara efektif. Kemampuan untuk memecahkan masalah bersama-sama lebih ditekankan dan bukan pada konfrontasi yang tidak penting yang sebenarnya dapat dihindari. Orang yang mempunyai kemampuan intelegensia emosional yang tinggi mempunyai tujuan yang konstruktif dalam pikirannya.

Seseorang yang tidak mempunyai kecerdasan emosional yang tinggi dapat ditandai dengan hal-hal berikut: mempunyai emosi yang tinggi, cepat bertindak berdasarkan emosinya, dan tidak sensitif dengan perasaan orang lain. Orang yang tidak mempunyai kecerdasan emosional tinggi, biasanya mempunyai kecenderungan untuk menyakiti dan memusuhi orang lain.

Dalam dunia kerja, orang-orang yang mempunyai kecerdasan emosional yang tinggi sangat diperlukan, terlebih dalam tim untuk mencapai tujuan tertentu. Karenanya, orang tua dan para guru harus memupuk kecerdasan emosional sejak dini.

(Dameria)

Sumber: Education for the Heart, As Well as the Mind dan Emotional Intelligence, An Important Concern for Parent and Teachers of Every Student).

Comments

bagaimana pengaruh kecerdasan emosi jika dikaitkaaan dengan tugas seorang penceramaah atau juru dakwah?

Posted by: alin | 26.09.2005

AD TRIK BUATKU G'..?
BADANKU BERKERINGAT, MUKAKU MERAH, KAKIKU GEMETAR SAAT AKU DISURUH MAJU AMA DOSEN..
PADAHAL AKU NTAR LAGI MAU PENDADARAN..AKU KHAWATIR KALO NTAR AKU AMPE KEBELET PIPIS..AND KENCING DICELANA...PLISSS YA HELP ME

Posted by: FIQ | 21.11.2005

pengaruh kecerdasan emosional dengan hasil belajar disekolah atau jaga diperkuliahan?

Posted by: joe_mfp | 29.11.2005

pengaruh kecerdasan emosional dengan hasil belajar disekolah atau jaga diperkuliahan?

Posted by: joe_mfp | 29.11.2005

pengaruh kecerdasan emosional dengan hasil belajar disekolah atau jaga diperkuliahan?

Posted by: joe_mfp | 29.11.2005

pengaruh kecerdasan emosional dengan hasil belajar disekolah atau jaga diperkuliahan?

Posted by: joe_mfp | 29.11.2005

Salam Hormat Kami,
saya dan teman saya adalah mahasiswa salah satu perguruan tinggi swasta di kota medan yang ingin membuat suatu aritkel sebagai bahan pembelajaran khususnya buat mahasiswa dan pada umumnya buat masyarakat luas di indonesia.Disini saya mencoba untuk mengajukan beberapa pertanyaan, yang diantaranya:
1.bagaimana sebenarnya penerapan metode itu sendiri(EQ)
2.Tolong berikan data yang akurat dong dalam menganalisis pengukuran tingkat kecerdasan melalui metode ini.
3. kalau memang metode ini cukup efektif kenapa pemerintah tidak menerapkannya pada sistem pendidikan di Indonesia, khususnya di Perguruaqn Tinggi.
Semoga pertanyaan ini dapat di jawab secepat mungkin dengan tidak mengurangi rasa hormat kami maka kami ucapkan terima kasih.

Posted by: unyenk | 20.02.2006

tolongin gw dong ganeca,skr gw lg nyusun skripsi tentang Pengaruh EQ terhadap Produktivitas Kerja... klo pny Info lbh bny lg ttg hal itu tlg E-mail in gw ya...gw lg bingung utk ngebuat analisis korelasinya... thanks ya..

Posted by: Benny | 25.01.2007

ganesa,bisa tolongin saya g?
saya mahasiswa jurusan ilmu komputer yang mo nyusun skripsi tentang aplikasi tes kecerdasan emosi
yang ingin saya tanyakan :
- ada g skala baku buat tes kecerdasan emosi (yang meliputi 5 komponen tersebut diatas)?
- klo bisa saya minta contoh skala (tiap komponen terdiri dari 10 soal) kecerdasan emosional yang favourable dan unfavourable untuk penelitian saya.
-yang terakhir, saya minta alamat email yang nulis artikel ini dong.

mudah2an pertanyaan ini dapat dijawab dan dibalas secepatnya ke alamat email saya. atas pehatiannya terima kasih banyak..

Posted by: Louthv | 26.02.2007

bagaimana hubungan eq terhadap prestasi belajar di sekolah?
khususnya anak SMU n faktor2 yg mempengaruhinya?
Thx b4

Posted by: yolanda | 26.02.2007

saya ingin mengetahui bagaimana cara mengukur kecerdasan emosional seseorang? terimakasih......

Posted by: teguh | 01.03.2007

saya mau nanya apa pengaruh EQ terhadap belajar seseorang?

Posted by: dewi | 26.05.2007

1.apa pengaruh EQ terhadap tingkah laku seseorang dalam kehidupan sehari?
2.apakah EQ bisa berpengaruh pada kesuksesan seseorang?

Posted by: umi | 20.06.2007

aslm.
langsung aj saya mau tanya:
bagaimana cara menghitung tingkat EQ seseorang? apakah sama pengukurannya dengan IQ?kalo ada cara untuk mengukurnya, dengan ap?apakah ada standarnya?tolong saya diberikan contoh pengukurannya.menggunakan angket mungkin?sekian dari saya.terimakasih atas jawabannya.
Waslm.

Posted by: salim mido | 09.11.2007

plis......butuh bangat bahasan tentang kecerdasan emosional yang berhubungan dengan siswa akselerasi dan siswa regular yang punya bahannya plis contek gue ya.....

Posted by: yama | 19.11.2007

tolong bantu saya carikan teori tentang pengaruh kreativitas dan kecerdasan emosi terhadap prestasi belajar matematika dong, dan angket tentang kecerdasan emosi

Posted by: mediastutie | 23.12.2007

tolong dong,saya butuh hasil penelitian tentang potensi perkembangan kecerdasan emosi melalui pembelajaran eksak diSMU.
contoh angket untuk mengukur kecerdasan emosi siswa SMU,
bagaimana supaya kecerdasan emosi siswa berkembang dalam pembelajaran eksak di kelas.
Apa model pembelajaran yang menekankan untuk kerjasama dalam kelompok bisa meningkatkan kecerdasan emosi?Seperti model kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division?Apa ada hasil penelitiannya?
Apa cirinya seorang siswa punya kecerdasan emosi yang tinggi?
Apa bedanya antara orang itu punya kecerdasan emosi yang tinggi dengan punya kecakapan hidup yang tinggi?apa ada hasil penelitiannya?
makasih yaa

Posted by: amie | 06.01.2008

tolong dong,saya butuh hasil penelitian tentang potensi perkembangan kecerdasan emosi melalui pembelajaran eksak diSMU.
contoh angket untuk mengukur kecerdasan emosi siswa SMU,
bagaimana supaya kecerdasan emosi siswa berkembang dalam pembelajaran eksak di kelas.
Apa model pembelajaran yang menekankan untuk kerjasama dalam kelompok bisa meningkatkan kecerdasan emosi?Seperti model kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division?Apa ada hasil penelitiannya?
Apa cirinya seorang siswa punya kecerdasan emosi yang tinggi?
Apa bedanya antara orang itu punya kecerdasan emosi yang tinggi dengan punya kecakapan hidup yang tinggi?apa ada hasil penelitiannya?
makasih yaa

Posted by: amie | 06.01.2008

Slamat malam. saya mahasiswa yan akan membuat skripsi. saya mau tanya, bagaimana pengaruh EQ terhadap pelayanan seorang pendeta di gereja???

Posted by: gw | 23.01.2008

saya mahasiswa jurusan pendidikan bimbingan dan konseling ingin meneliti tentang kecerdasan emosi anak/remaja SMA. pertanyaannya (1) ada berapa level tingkat kecerdasan emosi seseorang itu? (2) masing-masing level apa saja unsur dari kecerdasan emosi tersebut? trima kasih.

Posted by: joko | 09.02.2008

saya siswa SMU kls 3. saya mw mnta bantuannya donk dari ganeca,pendapat/pengertian/pandangan dari para ahli terhadap kecerdasan emosianal.

Posted by: ansor | 14.02.2008

teman..saat ini saya mau skripsi..tp saya bingung mau menhambil judul apa..tolong donk bantu saya ya..
saya mengambil jurusan keguruan bahasa inggris..tolong yagh teman

Posted by: cherel | 14.03.2008

Teman2...saya mohon bantuannya mencari contoh angket untuk kecerdasan emosional beserta indikatornya. Tolong ya... Makasih sebelumnya

Posted by: tari | 18.03.2008

Saya mahasiswa pendidikan kimia di universitas cenderawasih. Kami mendapat tugas untuk mencari informasi yang lengkap tentang kecerdasan emosional sedangkan saya bingung karena informasi di daerah kami sangat kurang. mohon bantuannya ya teman2....

Posted by: Nahdah_JNB | 19.03.2008

Saya mahasiswa pendidikan kimia di universitas cenderawasih. Kami mendapat tugas untuk mencari informasi yang lengkap tentang kecerdasan emosional sedangkan saya bingung karena informasi di daerah kami sangat kurang. mohon bantuannya ya teman2....

Posted by: Nahdah_JNB | 19.03.2008

Namun ganeca, biasanya anak sekolahan seperti saya ini terkadang merasa kelelahan dengan jadwal pelajaran dan banyaknya pelajaran yang membuat siswa bingung dengan pelajaran ini-itu, dan membuat kekuatan fisik dan daya tahan tubuh melemah. ganeca, metode pembelajaran seperti apakah yang cocok bagi anak smp seperti saya supaya bisa menghemat energi dan waktu untuk memahaminya??

Posted by: Lia | 19.03.2008

Mohon dikirim contoh angket / skala kecerdasan emosi kalau bisa 100 item, terima kasih atas bantuannya.

Posted by: Ruslan | 22.03.2008

saya salah satu mahasiswa PTS di Yogyakarta. saya sedang menyusun skripsi tentang kecerdasan emosional, tolong donk....berikan informasi yang lebih banyak lagi tentang kecerdasan emosional... makasih ya sebelumnya

Posted by: adi palasara | 31.03.2008

Mohon dikirim contoh angket kecerdasan emosi untuk siswa berkaitan dengan pembelajaran matematika. ni lagi kesusahan buat angketnya untuk pembuatan skripsi bantuin dong please... sebelum dan sesudahnya terima kasih atas bantuannya.

Posted by: fajar | 15.04.2008

maaf saya mahasiswa fakultas agama islam pendidikan agama islam.mohon bantuannya.angket untuk meneliti prestasi anak akibat dari kompetensi guru mesti gimana.

Posted by: andi | 16.05.2008

Saya ingin tanya:
- ada g skala baku buat tes kecerdasan emosi (yang meliputi 5 komponen tersebut diatas)?
- klo bisa saya minta contoh skala (tiap komponen terdiri dari 10 soal) kecerdasan emosional yang favourable dan unfavourable untuk penelitian saya.
-yang terakhir, saya minta alamat email yang nulis artikel ini dong.

mudah2an pertanyaan ini dapat dijawab dan dibalas secepatnya ke alamat email saya. atas pehatiannya terima kasih banyak

Posted by: Eve | 14.06.2008

saya mahasiswi jurusan matematika, tolong minta contoh angket tentang kecerdasan emosional siswa doong, please...,coz mo saya sebarkan disekolah mulai tanggal 14 juli

Posted by: mediastuti | 02.07.2008

saya mahasiswi jurusan matematika, tolong minta contoh angket tentang kecerdasan emosional siswa doong, please...,coz mo saya sebarkan disekolah mulai tanggal 14 juli

Posted by: mediastuti | 02.07.2008

saya mau nanya gimana cara menumbuhkan/kiat2 untuk mengembangkan kecerdasan emosional ini kalau dalam usia yang sewajarnya sudah memasuki dunia kerja

Posted by: roza | 28.07.2008

saya mau nanya gimana cara menumbuhkan/kiat2 untuk mengembangkan kecerdasan emosional ini kalau dalam usia yang sewajarnya sudah memasuki dunia kerja

Posted by: roza | 28.07.2008

saya mau nanya gimana cara menumbuhkan/kiat2 untuk mengembangkan kecerdasan emosional ini kalau dalam usia yang sewajarnya sudah memasuki dunia kerja

Posted by: roza | 28.07.2008

saya mahasiswa yang sedang menyusun skripsi tentang hubungan antara motivasi pembelajaran agama islam dengan kecerdasan emosi. saya ingin bertanya bagaimana cara mengukur kecerdasan emosional pada siswa, khususnya yang berkaitan dengan judul skripsi saya? tolong agar bisa dikirimkan contoh angket/tes untuk mengukur kecerdasan emosional. memakai metode apa ya?mohon untuk bisa dijawab secepatnya, terima kasih....

Posted by: siti endah amaliyyah | 19.08.2008

Saya mahasiswa, saya inginkan contoh ujian kecerdasan emosional untuk mengkaji seorang guru. Boleh tolong kirimkan contoh ujian atau test EQ untuk guru. saya berharap pihak tuan/puan akan membantu saya. sekian terima kasih atas kerjasama pihak tuan/puan.

Posted by: rence | 22.08.2008

ganesa,bisa tolongin saya g?
saya mahasiswa jurusan ilmu kesehatan masyarakat yang mo nyusun skripsi tentang hubungan kecerdasan emosional pd anak SMU kelas 2 dgn prestasi belajar
yang ingin saya tanyakan :
- ada g skala baku buat tes kecerdasan emosi (yang meliputi 10 komponen tersebut diatas)?
- klo bisa saya minta contoh skala (tiap komponen terdiri dari 10 soal) kecerdasan emosional yang favourable dan unfavourable untuk penelitian saya.
-yang terakhir, saya minta alamat email yang nulis artikel ini dong dam tolong minta contoh anketnya dong. makasihhhhhhhh

Posted by: anshari | 06.09.2008

ganesa,bisa tolongin saya g?
saya mahasiswa jurusan ilmu kesehatan masyarakat yang mo nyusun skripsi tentang hubungan kecerdasan emosional pd anak SMU kelas 2 dgn prestasi belajar
yang ingin saya tanyakan :
- ada g skala baku buat tes kecerdasan emosi (yang meliputi 10 komponen tersebut diatas)?
- klo bisa saya minta contoh skala (tiap komponen terdiri dari 10 soal) kecerdasan emosional yang favourable dan unfavourable untuk penelitian saya.
-yang terakhir, saya minta alamat email yang nulis artikel ini dong dam tolong minta contoh anketnya dong. makasihhhhhhhh

Posted by: anshari | 06.09.2008

tolooonng ya.

Posted by: anshari | 06.09.2008

Apakah kecerdasan emosional dapat di program ?

Barangkali artikel "kecerdasan emosional" berikut berguna >> KECERDASAN EMOSIONAL

Posted by: Raja Cilik | 16.09.2008

oks bangets

Posted by: sarijo | 21.09.2008

makasih blog nya, aku bisa tambah referensi ntuk skripsi ku

Posted by: sarijo | 21.09.2008

Tulisan ini cukup bagus. Wah..... hebat tenan !!!!

Posted by: teguh madiun | 22.10.2008

Saya orang tua murid yang aktif di sekolah anak,saya mau membuat angket mengenai sampai sejauh mana siswa siswi spt menyerap pengajaran materi pelajaran yang diikut swrtakan dlm UAN pliiiisssss kasih tau a.s.a.p, makasih yaaa

Posted by: Enny Nurlina | 12.11.2008

saya mau minta tolong n mau tanya contoh tabel morgan,skala kecerdasan emosional tiap komponen 10 soal, kecerdasan emosional yang favourable dan unfavourable dan contoh angketnya..tolong secepatnya ya, karena harus dikumpulkan secepatnya..terimakasih

Posted by: anisa | 27.01.2009

hi ganeca.saya mahasiswi salah satu perguruan tinggi agama islam and sedang nyusun skripsi tenteng peranan kecerdasan emosional dalam kegiatan belajar mengajar khususnya bagi anak usia 7-12 th.tolong dong kirimin info2 ttg kecerdsan emosional yang lain n cara ngukur kecerdasan tersebut.kalo boleh contoh angketnya juga yaa....pleeez....BGT.thank you...

Posted by: fitria | 17.02.2009

Mohon dikirim contoh kuesioner untuk pengukuran kecerdasan emosional.

Posted by: Ani yuliani | 01.03.2009

Mohon dikirim contoh kuesioner untuk pengukuran kecerdasan emosional.

Posted by: Ani yuliani | 01.03.2009

Sejak membaca artikel anda tentang kecerdasan emosional, saya mulai tertarik dan berniat untuk mempelajarinya. Tapi saya masih kurang jelas bagaimana cara menentukan tingkat kecerdasan seseorang, apakah tingkat EQ seseorang bisa diukur dengan angka seperti halnya pada tes IQ. kalau bisa mohon kirimkan contoh tes/quesioner untuk pengukuran kecerdasan emosional. Thanks.. ('_')

Posted by: quentin | 06.03.2009

saya juga seorang mahasiswi disalah satu kota kudus
saya ingin mengagujan pertanyaan mengenai kecerdasan personal dan maksud dari pernyataan tersebut serta pengertinan mengenai kecerdasan emosional EQ/IQ secara terperinci mengenai apa mengapa dan bagaimana hal tersebut dibentuk, mohon kirimkan ke alamat email ini. atas bantuannya saya ucapkan terimakasih dan besar harapan saya untuk dapat balasan dari saudara.

Posted by: ika rahmawati | 15.03.2009

ada pengaruh nga pembelajaran tari dengan kecerdasan emosional

Posted by: dyah | 08.04.2009

bisa minta tolong nga bantuanya aq lagi buat skripsi pengaruh pembelajaran tari terhadap kecerdasan emosional siswa smp, apa aja si yang harus dilakuin&bagaimana cara pengukuranya, pls...bantu aq..., thx

Posted by: dyah | 14.04.2009

aku lg butuh kuisioner kecerdasan emosional,
km pu???
tolong krmkn ya...

Posted by: ningsih | 15.04.2009

bisa kasih contoh dampak negative bagi maha siswa yang kerja part time g?
please tugas mata kuliah writing nie...

Posted by: titin safitri | 18.05.2009

ass. tolomh kirimkan kuesioner kecerdasan emosional dengan prestasi belajar 100 item, saya butuh ,makasih

Posted by: mulhamah | 27.05.2009

saya sedang meneliti pengruh Kecerdasan Emosional terhadap hasil belajar Matematika, tapi saya bingung dengan angket seperti apa yang akan saya sebarkan pada anak kelas III SMP
selama ini yang saya temukan angket berkaitan dengan dunia kerja. Anda bisa membantu saya? terima kasih

Posted by: elist | 28.05.2009

saya sekarang berumur 23 tahun. masih kuliah. masalah yang terbesar dalam diri saya adalah saya tidak mempunyai kecerdasan emosi sama sekali. saya mudah marah, tersinggung, saya tidak bisa mengendalikan emosi. akibatnya saya sering bermasalah dengan teman2, bahkan saya dijauhi.keadaan seperti ini membuat saya tertekan. saya tidak mempunyai teman. kalau keadaan saya seperti ini terus, bagaimana saya bisa menghadapi dunia pekerjaan. tolong bantu saya bagaimana saya mempunyai kecerdasan emosi yang tinggi.

Posted by: julie | 30.05.2009

met sore
skrang lagi bingung cara mengukur kecerdasan emosional untuk penelitian pendidikan
sekrang aku lg butuh kuisioner kecerdasan emosional.tolong bantu saya.memecahkanya....n kalau bisa kirim ke email saya

Posted by: mega | 06.08.2009

ada gak, tes Emotion Quotient yang membahas masalah bahasa ? kalo ada, bisa tidak dilihat. tolong ya ?

Posted by: rachma | 15.08.2009

saya seorang mahasiswa yang sedang menempuh skripsi...
bolehkah saya dikirimkan kuesioner yang menggambarkan pengaruh kecerdasan emosional terhadap efektivitas kepemimpinan?
atau mungkin say abole tau referensi buku untuk mendapatkan kuesioner tersebut?
thanks..
GBU

Posted by: Jesisca | 15.09.2009

tolong dong buatkan saya angket kecerdasan emosional untuk kelas 5 SD sebanyk 40 soal..... trims

Posted by: Diana Indrawati | 15.11.2009

Saya sedang meneliti pengaruh kecerdasan emosional siswa kelas VIII SMP terhadap pembelajaran. saya sedang kebingungan membuat angket kecerdasan emosional. mohon bantuannya. Terima kasih.

Posted by: Shira | 15.11.2009

ada contoh angket / skala kecerdasan emosi g?klu ada krm ya... terima kasih atas bantuannya.

Posted by: Rizki | 22.01.2010

saya sedang meneliti masalah peningkatan prestasi belajar siswa kelas VII SMP,, saya kebingungan membuat angket, ,mohon batuannya. terima kasih

Posted by: dewi | 19.04.2010

it's good to see this information in your post, i was looking the same but there was not any proper resource, thanx now i have the link which i was looking for my research.

Posted by: Essays Writing Help | 21.07.2010

Thank you for sharing this information. The information was very helpful and saved a lot of my time.

Posted by: Dissertations Writing | 06.10.2010

nice blog really informative and saved my time alot

Posted by: Coursework Help | 07.10.2010

bagaimana yh cara merubah data angket agar valid semua....
trim's...tlong yahhh dibls ke email saya...

Posted by: veronica | 01.05.2011

thanks for sharing

Posted by: buku ilma | 18.05.2011

assalam'alaikum n met kenal. maaf sbelumnya, saya sangat mengharapkan bantuannya. saya sedang meneliti pengruh Kecerdasan Emosional terhadap hasil belajar Matematika, tapi saya bingung cara mengukur, landasan pengukuran dan dengan angket seperti apa yang akan saya sebarkan pada anak kelas VII SMP
atas perhatian dan pertolongannya saya ucapkan terima kasih yang tiada tara.

Posted by: safrudin | 09.11.2011

Post a comment