27.05.2005

[GE MOZAIK, Mei 2005] – Bagaimana Mengajar Matematika yang Benar

Pernahkah Anda sebagai pengajar merasa kesulitan mengajar matematika kepada anak didik? Mungkin Anda yakin sudah mengajarkan matematika kepada anak didik dengan benar, tetapi mengapa nilai mereka tidak mencapai target Anda? Anda tidak sendirian dalam hal ini, banyak orang tua juga merasakan hal yang sama.

“Matematika itu susah” merupakan pernyataan klasik. Bisa jadi sebagian besar anak didik Anda membenarkan kalimat tersebut. Apalagi mereka yang tidak menyukai matematika pasti beranggapan bahwa ilmu pasti ini rumit, njelimet, membingungkan, dan bikin pusing saja. Akhirnya mereka pun jadi malas belajar matematika.

Satu hal yang harus Anda pahami dan sadari, tidak semua siswa mempunyai tingkat intelektual tinggi. Kemampuan setiap siswa menangkap materi pelajaran yang disampaikan berbeda-beda. “Setiap anak memiliki daya nalar yang berbeda. Respon mereka terhadap materi yang disampaikan guru ada yang cepat dan ada pula yang lambat. Memaksa dan memarahi anak didik tidak akan membuahkan hasil seperti harapan Anda,” demikian penuturan Guru Besar Psikologi dan pengamat pendidikan Universitas Diponegoro dalam Suplemen Pendidikan Media Indonesia (3 Mei 2002). Khusus untuk mata pelajaran matematika, jangan menyuruh anak menghafal rumus. Hal ini juga ditegaskan Seto Mulyadi, ahli psikologi anak. Seperti dikutip dari majalah Bobo, 18 Juni 2001, menurutnya, matematika merupakan ilmu pasti yang menuntut pemahaman dan ketekunan berlatih. Menghafal rumus dan cara mengerjakan soal bukan langkah tepat membuat anak cakap dalam ilmu ini. Pendidik seharusnya memiliki metode mengajar yang menggugah minat siswanya.

Seorang guru matematika kelas 6 SDK 2 Penabur Jakarta, Hennyriawati ( Kompas, 3 Oktober 2004) memiliki cara mengajar yang dapat dicontoh. Dia selalu memberi contoh manfaat belajar matematika kepada anak didiknya yang malas belajar matematika. “Saya selalu menyadarkan mereka akan manfaat dan nilai penting belajar matematika. Tips belajar matematika juga saya berikan agar mereka melakukannya,” tutur Henny.

Tanamkan pada anak didik, dengan belajar matematika kita akan tahu dan bisa mengukur berapa jauh jalan balik menuju tempat semula sehingga tidak tersesat. Kita juga bisa mengatur uang saku yang harus dikeluarkan dan berapa rupiah sisanya yang bisa ditabung. Dalam matematika seringkali terdapat banyak soal cerita. Ketika mengerjakan soal cerita, kita dituntut mengaitkan beberapa hal sehingga dapat membuat logika kita berjalan.

Beberapa tips berikut ini dapat diterapkan oleh guru untuk mempelajari matematika.

• Sebagai pendidik berusahalah supaya cara mengajar Anda menarik bagi para siswa sehingga mereka menyukai Anda. Cobalah untuk sabar dan telaten menuntun mereka belajar. Selingi jam mengajar Anda dengan dongeng dan lelucon.

• Jangan memaksa anak menghafal rumus matematika. Ajaklah mereka memahami teori dan langkah-langkah pengerjaan soal dengan memberi contoh yang dekat dengan dunia anak-anak.

• Cobalah membuat sketsa untuk mempermudah siswa memahami soal cerita. Khusus untuk geometri (pelajaran ruang bangun), ajaklah siswa membuat alat peraga bersama.

• Cobalah Anda membuat bank soal dari soal-soal sulit yang ditemukan dari sumber mana pun. Anda dan semua siswa mencoba menyelesaikan semua soal itu bersama-sama. Bisa juga dibentuk kelompok belajar. Setiap kelompok harus ada 1 dan 2 anak yang pandai matematika supaya bisa membantu teman-temannya. Tentu saja Anda tetap memberi petunjuk penting.

Semoga keempat cara di atas bermanfaat bagi guru-guru.

(Laksmi)

Comments

sulit memang taoi lamakelamaan asik karena kita berpikir bukal asal mikir walaupun salah tapi penasarandan puas tolong ada buku pemahaman matematika dan impementasinya dalam kehidupan

Posted by: jaka pamungkas | 03.06.2005

matematika memangagak rumit,bahkan sangat rumit.salah satu alternatufnya bagaimana kita sebagai seorang guru bisa memberikan metode termudah didalam memberikan ilmu matematika kepada anak didik kita. salah satu diantaranya yang dikemukakan dalam buku tepri belajar dikatakan bahwa ada tiga komponen dalam belajar khususnya matematika
1. persiapan
2. latihan
3. pengulangan
untuk persiapan sudah jelas bahwa untuk memudahkan memahami konsep matematika harus ada opersiapan antara murit sama guru. dengan persiapan itulah maka tata bahasa yang dituturkan oleh guru kepada muritnya bisa ditanngkap secara menyeluruh asalkan dari siswa juga ada persiapan untuk menerima materi yan g diberikan oleh guru.

Posted by: zaini | 06.06.2005

seperti dikatakan di atas bahwa setiap anak memiliki perbedaan dalam IQ. maka itu harus digaris bawahi, karena kita lihat dewasa ini di lingkungan kita masih banyak anak-anak usia sekolah yang IQ-nya dibawa rata-rata dan juga masuk dalam kategori kekurangan gizi apa layak (dapat) berpikir dengan serius dalam mempelajari matematika. saya sangat senang bahwa banyak para pakar pendidikan berlomba-lomba menarik kesimpulan dalam kesulitan belajar matematika tetapi tidak memandang apa iyah kita dapat mengatualisasikan atau hanya berupa teori yang belum dapat diukur. sehingga saya mau katakan dengan alat ukur apa untuk dapat mengukur empat cara yang diberikan, atau ini hanya sebuah angan-angan saja. maka sekali lagi saya minta implementasinya.
dilihat contoh di atas hanya suatu kasus untuk anak SD tidak di lihat anak sekolah lanjutan maupun mahasiswa. disana sangatlah kompleks permasalahannya.
juga bagaimana sarana-dan prasarana apa tidak mengambil bagian dalam pendidikan, sebab banyak sekolah yang tidak memiliki sarana dan prasarana yang baik tang dapat dikatakan tidak layak untuk digunakan apa itu perlu?
maka saya justru mau mengahrapkan kepada pemikir bangsa untuk memperhatikan duania pendidikan agar mau meluangkan waktu dan menjadi seorang yang budiman dalam bidang pendidikan.

Posted by: simon | 30.06.2005

matematika tak selamanya sulit bila kita mampu menyajikannya dengan bahasa yang mudah dimengerti,karena segalanya harus dimengerti bukan dihapal terlebih untuk matematika.

Posted by: agus susanto | 19.07.2005

matematika memang menjengkelkan.susah tenan

Posted by: amirin | 21.07.2005

ada yang punya ide pembelajaran matematika SMA yang menyenagkan ga?
soalnya kebanyakan pembelajaran matematika yang joyfull tuh untk SD

Posted by: vievie | 21.07.2005

Kalo boleh tau saya ingin tanya bagaimana cara belajar matematika yang baik dan benar. Dan mengusir rasa bosan saya terhadap pelajaran tersebut. Atas nasehatnya saya harapkan dan terima kasih.

Posted by: kd | 21.08.2005

Sebagai guru, memang harus sadar benar setiap siswa (individu) memiliki kadar IQ, EQ dan SQ yang berbeda. namun dibalik itu semua yang terpenting adalah objektif pembelajaran dan pengajaran Matematika.

Matematika harus dipahami dari yang sederhana, dan fenomena sehari-hari didentifikasi sehingga ditemukan algoritma. perbedaan IQ, EQ dan SQ mengharuskan kita memberikan penggunaan waktu yang fleksibel untuk belajar matematika. ingat materi matematika itu berkhirarhi.

Posted by: sakur | 25.08.2005

saya mau tanya.
bagaimana dengan penggunaan sumber belajar selain buku pelajaran khususnya pembelajaran matematika untuk SMP

Posted by: yustinus pawarata | 26.08.2005

benar...mengajr matematika akan bermakna jika siswa
tahu apa manfaat yang dipelajarinya bagi dirinya. Kesalahan kita selama ini mengajrkan matematika hanya berdasarkan teksbook. Pernahkah kita menggunakan alam sekitar sebagai sarana belajar? Menggunakan alam sekitar akan memudahkan siswa membangun pemahaman dan mengetahui manfaat mateamtika bagi dirinya

Posted by: Mansyur Eppe | 01.09.2005

Matematika itu pelajaran dunia dan sebagai sumber kecerdas yang semua orang tahu dan bisa menggunakan tetapi banyak tidak tahu caranya

Posted by: IRPAN | 02.09.2005

Saya ingin tahu bagaimana sih belajar matematika dengan
cara mudah? terima kasih

Posted by: Dedy haryanto | 16.09.2005

good, I like your opinion.

Posted by: anggit | 26.09.2005

oleoleoleoleole

Posted by: sfhdjfg | 04.10.2005

Matematika asal katanya dari "matimatian", jadi kalau tidak belajar secara matimatian tak dapatlah seperti yang diharapkan. (maaf ini hanya lelucon).

Posted by: harmisal | 17.10.2005

Matematika adalah ratumya ilmu

So diharapkan semua orang mau belajar matematika dan insyaAllah bermanfaat,cobalah kenali dulu matematika,ok!!!!!

Semangat........semua........mulailah dengan I Love Math

Posted by: tia | 26.10.2005

Tolong bantu saya mencari contoh desain matematika

Posted by: Endra Miharja | 14.11.2005

bagaimana cara mengajarkan perkalian dua bilangan bulat pada kelas 4 SD agar mudah dipahami?

Posted by: nur | 15.11.2005

ada yang punya ide, bgmn media pembelajaran yang unik sehingga dapat menjadikan matematika lebih menarik? kabar2i saya yah...........

Posted by: Rose | 16.11.2005

assalammualaikum...
saya anak sma kelas x, ada yang punya soal-soal matematika yang terlihat sulit tapi sebenarnya jawabannya mudah ga sesulit soalnya ?

Posted by: ai_chan | 30.11.2005

Selama ini saya mengajar di suatu sekolah swasta favorit di kota saya. yang namanya favorit disini bukan berarti siswa yang terjaring memiliki kemampuan menengah ke atas dalam hal prestasi, tetapi favorit ditinjau dari segi fasilitasnya. namun begitu ada juga satu dua orang siswa yang pandai, tetapi tidak mewakili karena hanya 4-5 siswa dari 47 siswa dalam 1 kelas. sebagai usaha untuk meningkatkan prestasi dan minat belajar siswa saya dan beberapa rekan guru mencoba melakukan pengambilan angket yang akhirnya mendapatkan simpulan bahwa sebagian besar siswa menghabiskan waktu belajar mareka di depan layar manitor, baik televisi, vcd maupun playstation. darisini kami mencoba melakukan suatu pembelajaran dengan media pembelajaran yang berbentuk CD atau VCD. tetapi kami menganggap VCD lebih efektif karena hampir semua siswa di sekolah tersebut telahy memiliki VCD player di rumahnya. sedangkan untuk CD yang harus dibuka di komputer bisa kami laksanakan di laboratorium yang teredia. berdasarkan pengamatan sekilas terdapat kemajuan minat dan kreativitas siswa sedangkan untuk membuktikannya saya pribadi sebagai guru mapel matematika sedang melaksanakan penelitian sejauh mana efektivitasnya dibandingkan dengan alat peraga biasa atau gabungan antara keduanya. demikian dari saya semoga bisa memberi tambahan pengalaman bagi sesama rekan-rekan guru.

Posted by: rahma | 04.12.2005

bagaimana cara mengajar matematika untuk anak kelas 3 sd a .agar anak itu cepat mengerti

Posted by: jumiyati | 06.12.2005

mate. Nggak selamanya sulit. Saya seorang pelajar di sebuah SMK bagi saya mate adalah hal yang sangat mengasikkan.Ketika kita mulai memulai, menganalisa, kesulitan dan akhirnya ada jawaban yang muncul dan sama persis dengan salah satu pilihan. Hal yang melegakan. MUngkin juga karena dasar yang cukup kuat, ketika saya sekolah si CANDRA JAYA (sekolah yang paling berkesan bagi saya) saya diajar oleh seorang guru yang paling "the best" buat mate bagi saya, cara mengajarnya yang menyenangkan,ketelatenannya dalam mengajar membuat saya sampai sekarang menyukai matematika dan dia juga yang berjasa bagi saya ketika UAN hingga saya mencapai nilai yang maksimal Thanks BU WARNI.

Posted by: irfan | 09.12.2005

coba pahami isi artikel ini dgn baik-baik pasti anda bisa menpelajari matematika dgn baik.
trims

Posted by: jordan | 13.12.2005

Bagaimana cara melakukan presentasi dengan baik ?

Posted by: Blasius Juten Giu | 20.01.2006

saya mahasiswa s1
saya sangat butuh informasi tentang metode2 pembelajaran matematika bisa memberi informasi?kirim aja ke email saya trimakasih.

Posted by: tanti | 01.03.2006

saya mahasiswa s-1
saya sedang di pusingkan dengan pelajaran matematika ini, tolong di bantu dengan mengirimkan cara2 yang bisa membuat saya jadi enjoy.kirim ke email saya. thanks

Posted by: muid | 06.03.2006

saya mahasiswa s-1
saya sedang di pusingkan dengan pelajaran matematika ini, tolong di bantu dengan mengirimkan cara2 yang bisa membuat saya jadi enjoy.kirim ke email saya. thanks

Posted by: muid | 06.03.2006

say seorang mahasiswa pgsd, lagi encari cara mengajarkan matematika kepada peserta didik supaya cepat megerti. apa bisa ? kalo bisa dikirim ke emailku.
terima kasih

Posted by: wildan | 13.03.2006

saya sorang mahasiswa jur Math yg sedang di pusingkan dengan proposal penelitian,bagi teman2 yg ingin membantu saya,kirimkan contoh proposal penelitian matematika dan bagaimana cara menulis proposal yang baik.Karena saya sedang mengambil mata kuliah Metode Penelitian,ke alamat email saya......,thank B4.DI TUNGGU.......,PLEASE........BANTU SAYA....

Posted by: rieke | 14.03.2006

Saya mahasiswa unesa mencari medi pembelajaran
Sepeti permainan matematika yang menemukan konsep, bukan penerapan konsepsupaya saya dalam mengajar matematika menjadi menarik dan menyenangkan?
Tolong bantu saya agar saya bisa menemukan alat peraga tersebut untuk menjadi media pembelajaran matematika.
Bagi yang punya alat peraga dalam menemukan konsep rumus matematika, tolong kirim ke alamat email ini:
aliyah_yahoo.co.id
Please bantu saya,tolong kirim ke alamat email tersebut

Posted by: aliyah | 30.03.2006

Saya adalah pengajar privat matematika, dan pengalaman saya tidak jauh berbeda dengan uraian di atas ttg sulitnya anak memahami matematika. namun mungkin saya bisa menambahkan bahwa anak sulit menerima matematika dikarenakan sudah terbentuknya image dari diri anak didik bahwa matematika itu suulit dan lagi hal ini diperparah dengan pandangan masyarakat/lingkungan si anak didik mengatakan mat itu sulit. sehingga dengan terbentuknya image ini bagi anak akan menjadikan ia kalah satu langkah utk mempelajari mat dan ketika mendapatkan soal, anak akan mudah menyerah dan melazimi bahwa mat itu sulit lalu berhenti utk mencoba menyelesaikannya. Jadi bagi kita pendidik, salah satu yang tidak boleh kita lupakan bahwa memfahamkan anak ttg tidak sulitnya mat dan membuat pandanga baru ttg belajar mat itu sangat penting. "semoga berhasil"

Posted by: ikhsan | 07.04.2006

beri saya 1000 contoh soal alimpiade matematika.

Posted by: zalman | 17.04.2006

Memang bener belajar matimatika sulit diterima oleh siswa jika cara mengajar kita kurang pas, Tips-tips diatas paling tidak membantu pengajar mencoba teori tersebut tapi agaknya di lapangan akan berbicara lain itu kenyataannya

Posted by: bambang wagiman,S.Pd.,S.P. | 26.04.2006

matematika memang pelajaran yang sulit, itu bukian komentar yang salah. kesulitan matematika pada siswa kemungkinan besar karena matematika itu sangat abstrak, jadi biar anak didik kita dapat menerima matematika ada baiknya kita mengajar matematika dari hal-hal yang riil atau konkrit lalu ke tahap yang abstrak.
mungkin ini akan membantu anak didik kita menerima matematika.

Posted by: defantri | 30.04.2006

Aq seorang siswi SMP di salah sati sekolah di Sidoarjo. saya sejak memang tidak terlalu bisa pelajaran yang berhubungan dengan bahasa asing & berhitung!!! Bagi saya yang dapat lulus SMP itu keajaiban tersendiri. Tapi di ssi lain itu justru saya menghadapi tebenturan yang luar biasa. Sebab saya juga harus menghadapi pelajaran Fisika dan Math yang semakin berkembang. Bagi yang tau metode cepat supaya mengerti, tolong e-mail saya yach ^_^ k-lo e-mail saya bisa add saya di: dhiena_cute21@yahoo.co.id.
Mohon kerja samanya!!!

Posted by: Dhiena Arifin | 03.05.2006

Matematika sulit??Sebenarnya itu tak sesulit yang dibayangkan aslakan mau berusaha!
Mengenai belajar matematika yang menyenangkan, saya rasa banyak juga pembelajaran matematika dengan software yang tidak hanya untuk SD, hanya saja belum dalam bahasa Indonesia.
Tetapi saya lihat kemarin di PPPG matematika juga dah banyak yang untuk SMA. Ya mungkin bagi teman-teman pendidik agar lebih mengerti kebutuhan belajar anak didiknya, kalo perlu membuat software serupa, misalnya dengan bantuan orang lain yangl ebih tau program yang tepat. Seperti software yang berusaha saya kembangkan saat ini, walau masih jauh dari yang saya harapkan karena penguasaan program yang belum bagus, tapi ya...lumayan lah untuk anak SMP. terima kasih

Posted by: niken | 05.05.2006

saya adalah seorang mahasiswa yang sedang menyelesaikan kuliah D2pgsd yang saat ini sedang ppl, banyak sekali kesulitan dalam memberi materi kepada siswa apalagi pada materi pelajaran matematika. padahal untuk materi kelas tinggi jarang sekali penggunaan alat peraga....yang saya takutkan jika mengulang materi tersebut dari awal tentunya akan banyak menyita waktu. tolong bagi siapa saja yang bisa menemukan metode praktek untuk anak kelas tinggi saya minta bantuanya...terimakasih

Posted by: uji | 31.05.2006

saya adalah mahasiswa semester 8 jurusan pendidikan matematika, saya mencari informasi pembelajara matematika pada Sekolah Dasar. adakah yang dapat membantu saya? terima kasih.

Posted by: hanief | 11.07.2006

saya ingin menemukan cara mudah tentang rumus - rumus matematika kelas 6 SD maupun UAS tahun depan ( 2007 )

Posted by: indra | 22.08.2006

Gimana sih Cara belajar yang efektif untuk menghafal rumus fisika atau yang lain. Mohon bantuannya.

Posted by: Raihan | 03.09.2006

saya bingung nih.... gmn ya caranya ngajar matematika pada anak sma biar lebih mudah dipahami? model pembelajaran apa yang dapat saya terapkan utk membantu anak memahami materi? tlg bantu saya, kirim k imel saya oryza_mays2000@yahoo.com
tengs bifor ^_^

Posted by: aq | 16.09.2006

saya gingung gimana cara nya menjadikan pembelajaran matematika itu menarik bagi siswa. saya sudah banyak baca buku tenatang "pembelajaran yang menyenangkan siswa dan meningkatkan mativasi belajar". Tapi saya tidak mengerti bagaimana penerapan dikelas nantinya. dan sampai sekarang saya belum menemukan buku (sumber) tentang cara mengajarkan khusus matematika?
tolong diba tu y

Posted by: nia | 11.10.2006

q siswi smk jurusan TI q msh bingung mencari soal matematika krn jurusan TI br angkatan pertama d skol km klo blh q minta tolong carikan contoh soal2 matematika, bhs inggris trus menurut km gimn caranya/ tips belajar yg baik, kirimkan k email q sifa_kbm@yahoo.com. thank's........

Posted by: fafa | 17.10.2006

saya mahasiswi Desain Kom Visual insyaallah saya coba buat ilustrasi pembelajaran matematika supaya mudah dimengerti dan joyful doain aja sukses ok amien

Posted by: nichi | 19.10.2006

Saya lulusan dari perguruan tinggi swasta, sedangkan saya kuliah di sana sambil kerja di perusahaan swasta yang bergerak di bidang logam, memang tidak matching dengan latar belang pendidikan saya, namun saya mencoba ingin merubah nasib menjadi seorang guru walau sampai sekarang belum bisa terlaksana, kendala saya belum bisa menjadi seorang guru karena cara mengajar dan pengetahuan saya kurang maksimal oleh karenanya minta bantuan nya guna mempermudah cara mengajar dan belajar matematika khususnya,..
demikina dan terima kasih

Posted by: ade kosim | 30.10.2006

Pada dasarnya matematika itu mudah. Kita ajak anak didik kita untuk membeyangkan matematika digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu juga pelajaran matematika kita kaitkan dengan mata pelajaran yang lain seperti komputer.

Posted by: Abdul | 07.11.2006

aq lg cri metode pembelajaran yg baik dlm mengajar matematika,kl th kirim donk ke email ku??

Posted by: surayah | 18.11.2006

saya guru matk di SMA, saya baru saja lulus kuliah, dan ini adalah pengalaman baru mengajar buat saya. bingung banget menghadapi anak-anak SMA sekarang, mereka rata-rata mengeluhkan pelajaran matematika yang begitu sulit. Saya mohon masukannya dong, gimana cara mengajar matematika bagi siswa SMA? mohon kirim ke email saya. Makasih !

Posted by: donald | 23.11.2006

halo saya cucunya mbah roso-roso(mbah maridjan) ingin bertanya sampai2 mbah maridjan tidak bisa menjawab...siapa yang bisa mengajarkan saya tentang:
1.Diagram lingkaran dan batang.
2.Nilai rata-rata.
Jika tahu,post a comment disini saja + contohnya...
Itu saja dan saya berterima kasih kepada yang mau comment disini...

salam buat om Bush di amerika sana~!!!

Posted by: cucune presiden merapi(mbah maridjan) | 07.12.2006

saya punya tiga adekyang belajar matematika rutin tiap minggunya ma saya. da 3 orang, dalam kelompk itu, yang satu loading lambat n yang 2 loading cepet. nah, yang satu tu selalu ngerasa minder, yang menghambat belajar lah, yang gak bisa lah... pkokny minder abis.
padahal dah tak nasehatin buanyak teteeeep ja.
kasih saran donk, soalnya kan kalau qt belajar dah g bisa, minder, mental kan jadi gak full gtu...berabe khan ?

Posted by: trhee | 12.12.2006

saya mahasiswa s-1 pendidikan matematika, bagaimana sih cara blajar agar benar-benar dimengerti tentang sub bab matematika karena saya sudah benar-benar max untuk belajar pelajaran ini tapi hasilnya kurang memuaskan dan disamping saya akan menjadi seorang guru bagaimana cara mengajar agar cepat dan mudah dipahami seorang siswa disamping? tolong jawabannya transfer ke alamat e-mailku nya.....

Posted by: astuti cute | 17.01.2007

saya mahasiswa s-1 pendidikan matematika bagaimanasih cara belajar matematika agar mudah dipahami karena saya sudah benar-benar memperhatikan apa yang sudah dijelaskan dosen tapi hasilnya kurang memuaskan trus bagaimana cara mengajar agar mudah dipahami oleh siswa karena saya akan menjadi seorang guru matematika mohon jawabannya transfer ke e-mailku ya.

Posted by: astuti cute | 17.01.2007

saya mahasiswa matematika lagi butuh artikel dan contoh proposal yang berhubungan dengan metode pengajaran

Posted by: ajis | 11.02.2007

klo ada artikel ato proposal yang berhubungan dengan metode pengajaran dalam bidang matematika tolong kirim ke email saya di AJ15_PUNK@YAHOO.CO.ID OK DITUNGGU dan terima kasih banyak

Posted by: ajis | 11.02.2007

susah mengajarkan anak matematika
apalagi baru pertama mengajar anak dalam kelas
pertama mereka suka
tetapi lama2 tak lagi menghargai saya, karena terlalu monoton
bagaimana cara mengajar yang baik
maaf saya tidak dibantu oleh senior2 saya
jadi cara mengajar yang hanya saya bisa
dan itupun saya peroleh waktu di sekolah dulu

Posted by: deta | 28.02.2007

bisa dikatakan saya belum aktualisasikan diri saya untuk mengajar Matemaika, ya... hitung2 saya masih belajar Matematika, kalo boleh berpendapat mengenai ilmu Matematika. Setiap manusia mempunyai potensi yang tidak diketahuinya sendiri, ya... bukan ingin menguji contohnya saya sendiri saya akui bahwa saya sebenarnya tidak mempunyai baground Matematika ketika SMA, tapi ketika ingin melanjutkan ke Perguruan Tinggi saya penasaran dengan MTK, akhirnya sampai sekarang ya... walaupun belum selesai S1nya saya tetap konsisten dengan MTK, selamat ber-Matematika. YAKINLAH DENGAN POTENSI PADA DIRI KITA, Ok

Posted by: anis | 01.03.2007

matamatika susahhhh.
tapi saya tisdak mengerti mengapa bisa menjadi mahasiswa s1 matamatika.
bagi yang tau cara untuk dapat belajar matematika dengan mudah, harap kirim mail ke email saya.

Posted by: ayik | 04.03.2007

matamatika susahhhh.
tapi saya tisdak mengerti mengapa bisa menjadi mahasiswa s1 matamatika.
bagi yang tau cara untuk dapat belajar matematika dengan mudah, harap kirim mail ke email saya.

Posted by: ayik | 04.03.2007

saya sebagai salah satu guru matematika di kalimantan timur dimana saya ingin sekali mencari metode terbaru yang mudah di pahami oleh siswa dalam menerima pelajaran matematika
saya berharap ada temen2 guru matematika yang dapet memberikan atau mengajar saya dalam memahami metode mengajar matematika yang efektif

Posted by: jamal | 06.03.2007

saya sebagai mahasiswa jurusan matematika merasa sulit untuk membuat proposal matematika dan sekarang saya memprogramkan matakulia metodelogi penelitian.kepada temen2 yang sudih membantu saya tlng kirimkan dong contoh proposal penelitian untuk jurusan matematika ke E-mail saya ya.E-mail saya adalah:anton_281075@yahoo.co.id atas bantuan temen2 saya ucapkan banyak terimah kasih

Posted by: anton | 06.03.2007

It this very good. Oke

Posted by: mulyadi | 10.03.2007

Saya mahasiswa matematika smt 6 ingin minta bantuan carikan alat peraga matematika untuk tingkat SMP dengan Swissmax.Terimakasih

Posted by: fitrie | 15.03.2007

Saya mahasiswa matematika smt 6 ingin minta bantuan carikan alat peraga matematika untuk tingkat SMP dengan Swissmax.Terimakasih

Posted by: fitrie | 15.03.2007

Saya mahasiswa matematika smt 6 ingin minta bantuan carikan alat peraga matematika untuk tingkat SMP dengan Swissmax.Terimakasih

Posted by: fitrie | 15.03.2007

Saya mahasiswa matematika smt 6 ingin minta bantuan carikan alat peraga matematika untuk tingkat SMP dengan Swissmax.Terimakasih

Posted by: fitrie | 15.03.2007

Saya mahasiswa matematika smt 6 ingin minta bantuan carikan alat peraga matematika untuk tingkat SMP dengan Swissmax.Terimakasih

Posted by: fitrie | 15.03.2007

Saya Mahasiswa Matematika UMP Semester VI, Butuh Informasi Tentang Alat Peraga Matematika Untuk SMP dan SMA, Kalo Temen- temen Punya Informasi itu tolong kirim ke:
E-mail : Zona_coco@yahoo.com

TERIMA KASIH BUAT TEMEN- TEMEN YANG MAU MEMBANTU

Posted by: coco | 17.03.2007

aq praktisi pembelajaran matematika, tidak banyak yang aq punya ttg mtk ini, tapi aq akan senang kalo ada yang mau tak ajak "grenenngan" tentang matematika, silahkan kontak aq di alid70@plasa.com atau coba tengok di R2ME.blogdrive.com aq siap ngobrol ngalor ngidul tentang yang satu ini .............

Posted by: alidul | 22.03.2007

Tolong !!!
Saya lagi mencari soal-soal latihan untuk Olimpiade Matematika + Penyelesaiannya.
e-mail : temmy_kaligis@yahoo.com

Posted by: TEMMY KALIGIS | 26.03.2007

bagaimana mendisain pengajaran matematika yang membuat murid senang dan tidak bosan?

Posted by: M. Kholid Kirom | 27.03.2007

tolong bagi temen2 yang tahu mengenai buku tentang alat peraga matematika beritahu.nama pngarang,judul buku nya terimakasih sebelumnya

Posted by: ifa | 03.04.2007

matematika bukan pelajaran yang dapat dipelajari dengan "instant".

Karena dibutuhkan pemahaman2 yang lebih dari sekedar "KNOW" tetapi "MEANS".

jadi mulailah mencari tahu tentang pemahaman2 dan arti2 yang ada pada tubuh matematika.

dengan langkah awal men"CINTA"i maka anda akan banyak menemukan pemahaman2 selanjutnya.

temukanlah dan raihlah apa yang dicari selama ini di dalam tubuh matematika, secara terstruktur.

nyalakanlah semangat kita semua, seperti para penemu2 terdahulu yang mencari kebenaran dengan keterbatasan fasilitas. sekarang kita harus lebih semangat, karena fasilitas tinggal digunakan.

dan semua itu TIDAK akan sia-sia.

Posted by: silvi | 12.04.2007

saya ingin soal-soal olimpiade matematikadan penyelesaiannya tingkat mahasiswa

Posted by: tia | 14.04.2007

saya minta bantuannya kepada teman-teman semua,
tolong kirimkan saya, rumus-rumus cepat matematika
untuk SMU/sederajat,SLTP,dan SD
dan juga bagaimana caranya mengajarkan siswa yang agak terbelakang supaya cepat mengerti dan memahami perhitungan matematika.
tolong yah...!
kirim ke email : st_mujahidah@plasa.com
terimakasih.

Posted by: uji | 02.05.2007

Kawan kawan sayang nian kalau disini cuman ada keluhan !

Posted by: Rahmat Nursalim | 05.05.2007

Kawan kawan sayang nian kalau disini cuman ada keluhan !

Posted by: Rahmat Nursalim | 05.05.2007

memang pada dasarnya, alat peraga memepunyai peranan yang penting dalam proses pembelajaran matematika karena pokok bahasan matematika yang abstrak harus divisualisasikan agar mudah dimengerti

Posted by: syukur | 08.05.2007

MATEMATIKA(MAkin diTEkuni MAkin TIdak KArua).Saya mahasiswa semester 6,aku lg bth artikel ttg urutan peringkat pendidikan se-ASEAN.tlg dulu y.e-mailku ini SanS_CutE@plasa.com.thx

Posted by: sanur | 23.05.2007

tolong berikan saya petunjuk mengenai kelemahan dan kelebihan pada metode penemuan dan expositori dlam mengajar matematika. thanks

Posted by: ryna | 02.06.2007

maaf ada teori yang mendukung siswa yang tamatan dari sekolah swasta dan sekolah negri ngak?kalau ada tolong kirim ke mail gw ok.thank

Posted by: rina moco | 02.06.2007

mohon informasi,saya mahasiswa S2 sedang meneliti tentang logika berpikir matematika.btw ada yang tahu gimana cara mengajar soal cerita mat biar gampang diterima untuk anak kelas 3 SD?

Posted by: sisca | 02.07.2007

tolong kirimkan materi mati-matika sltp soal dan pembahasannya.cos aku sangat kekurangan buku dan uang untuk membeli buku

Posted by: asranudin | 04.07.2007

bersama ini saya kirimkan cara belajar matematika

Posted by: untari | 11.07.2007

Tolong kasih tau rumus lengkap kelas 6 SD , Please

Posted by: theo | 14.07.2007

Plss... Buat tmn2 smua, bagi yg puny info gmn cara pembelajaran soal cerita yg bsa diterima untuk anak - anak usia SD. Makacihhh,....
di email: dheyannirwana@yahoo.co.id

Posted by: dian | 19.07.2007

tolong cariin materi2 geometri SMP&SMA dunkZ!!!!
ThankX

Posted by: Suci | 29.07.2007

bahan persiapan pengajaran dan ppl

Posted by: angel | 10.08.2007

Adakah upaya siswa dalam mengatasi kesulitan belajar matematika yang bisa diterapkan dalam proses pembelajaran. Tolong yah...

Posted by: rina | 27.08.2007

aku ksh aku rumus matematika kelas 4,5,dan 6 dong please

Posted by: wenny | 16.09.2007

Mau download soal dan pembahasan Matematika kelas Olimpiade, silahkan buka:
www.idepakwirdan.blogspot.com

Posted by: Dewa | 24.09.2007

saya minta contoh proposal penelitian

Posted by: aris | 26.09.2007

belajar matematika capekkkkk......dech......!

Posted by: cunk | 26.09.2007

mengajar matematika utk anak SD masalah besar bagi saya,apalagi kalo mereka udah capek wah....maunya maen terus( pengalaman saya mengajar matematika kids di sebuah lembaga di jogjakarta ).kalo ada ide tolong kirimkan saya permainan-permainan yang berhubungan dengan pelajaran matematika SD.thanks ya sebelumnya.

Posted by: rosa | 05.10.2007

Saya akan mencoba tips di atas.mudah2an berhasil.saya pusing dengan anak didik saya yang susah mengerti.mereka kelas x tapi penjumlahan bilangan negatif saja belum paham.sebenarnya mereka salah dari dasar.saya jadi kewalahan mengajarnya.lagi pula saya masih mahasiswa PPL.jadi belum berpengalaman dlm mengajar.tolong buat guru-guru SD dan SMP supaya matematika siswanya diperkuat supaya untuk pelajaran yang lebih tinggi mereka sudah punya dasar yang kuat.mari kita bekerja sama untuk mencerdaskan anak bangsa

Posted by: lenni sinabang | 17.10.2007

sy lulusan SMA th 2006, th 2008 sy akan mencoba untuk ikut SPMB lg karena sampai saat ini sy blm kuliah jg slain itu th 2008 adalah terakhir sy bs ikut SPMB, tp sy selalu mengalami kesulitan untuk belajar matematika dan itu kelemahan sy, sy sudah mencoba untuk latihan soal2 dari yang mudah tapi begitu sampai di soal yang sulit, sy sudah putus asa dan rasanya sangat sebal, sejak itu sy jd males belajar matematika, sy perlu bantuan anda tentang trik2 belajar matematika dg mudah dan menyenangkan
mohon doa dan bantuannya dlm menghadapi matematika di SPMB...
meyga_novit@yahoo.com

Posted by: mega | 26.10.2007

saya masih belajar di pendidikan. matematika,,, selain itu juga belajar nagajar,,, tapi terkadang agak sulit juga untuk memahamkan pelajaran matematika,,,
saya butuh bantuannih,, tips2nya apa aja,,, dan kalau bisa saya juga lagi nyari contoh2 alat peraga,,, kalau bisa bantu saya ya,,,,

Posted by: erni | 26.10.2007

bagaimana cara mengajarnya menurut teori kognitif????

Posted by: may | 29.10.2007

aq elis,..
aq ngmbil s1 bt jd guru mtematika,..
bsa tlong cari cra yang praktis agar murid2
apalgi ank smp/sma spya ga bsan blajar matmtika nya ga???

Posted by: alice | 01.11.2007

kata siapa ngajar math itu susah?
walaupun dengan tingkat intelektual yang berbeda-beda, tetapi dengan pendekatan yang tepat, siswa akan mahir math

ini bukan bicara mimpi...
ini tentang fakta!

Posted by: BUDI 'ACCELS JAKARTA' | 28.11.2007

tolong carikan alat peraga buat workshop matematika dong......!!!!

Posted by: wahyoe | 04.12.2007

aduh matematika....???takut aku.....????
matematika yang cocok buat anak IT itu babnya apa aja ya?coz aku sculnya di IT, materi yang diajarkan kok beda ma jurusan laen ya??
tolong kirimin aku materi2 matematika yang cocok dengan jurusanku donk.....please....
plus dengan soal2nya ya.....
kirimin ke alamat emailku
inmas13@yahoo.co.id
kumohon......kirimin ya......

Posted by: cleopatra | 08.12.2007

OK

Posted by: ABY | 14.12.2007

tolong, berikan metode pembelajaran untuk siswa SMP lengkap dengan langkah-langkahnya, yang menyenangkan bagi siswa. agar siswa mudah memahami pelajaran MTK dan berkesan baginya,

Posted by: dewi | 24.12.2007

Q mahasiswi jurusan pendidikan matematika,,,,emang sech matematika suLit tapi klo Qt sering latihan dan mencoba buat
suka sama matematika pasti kerasa gampang banget dan seru abiz yakin dwechhhh

Posted by: zoEn | 10.01.2008

matematika is my life
matematika bikin hidup lebih hidup

Posted by: himatika unas | 26.01.2008

saya mempunyai murid SD yang kurang cerdas,udah tiga kali tdk naik kelas,tapi saya tetap berusaha agar dia bisa mersapi palajaran MTK dari saya,terkadang saya sempat putus asa,sulit banget dia mencernanya,tolong ya kasih tips cara tepat agar dia mudah memahami pelajaran MTK...plizz..!

Posted by: wiajayanti | 29.01.2008

saya cari buku diagnosis kesulitan belajar matematika

Posted by: hepi muslimah | 10.02.2008

saya cari buku diagnosis kesulitan belajar matematika

Posted by: hepi muslimah | 10.02.2008

Matemati tuh sangat mudah banget.

Posted by: Anam | 13.02.2008

Tidak dpt dipungkiri bhw Matematika memang sulit. Shg utk mjd guru atau pengajar mat ataupun yg lain, seharusnya orang tsb selain menguasai materi juga memahami ilmu psikologi anak. Itu sebabnya saya sangat sepakat jika seleksi untuk mjd guru seharusnya mencakup bidang yang diajar, intelegensi, psikologi, sejarah, budaya (etika) dan kesehatan.

Pengalaman saya dalam mengajar matematika, saya sering selingi dengan cerita-cerita yang dapat menumbuhkan motivasi siswa. dan sesekali cerita itu saya bumbui dengan humor. saya ciptakan keakraban dengan siswa. tidak jarang saya harus menjelaskan siswa yang tertinggal pelajaran secara face to face (di mejanya)

Dengan cara itu, alhamdulillah, saya dapat mengatasi masalah belajar anak.

Posted by: hidayat | 14.02.2008

minta trik-trik khusus untuk mengajarkan matematika, seagai solusi

Posted by: farhan kamali | 27.02.2008

posting yg bagus & memberi banyak inspirasi.

Posted by: gbtraffic | 05.03.2008

saya mhswi pend.matematika....
saya ingin tahu bagaimana mengajarkan matematika itu supaya tidak membosankan....
metode mengajar seperti apa yang baik digunakan dalam mengajarkan topik trigonometri dan persamaan kuadrat

Posted by: elvida | 06.03.2008

assalamu alaikum..
Bagaimana sih ngajar adik-adik saya materi
bangun segi empat dengan
menggunakan model pencapaian konsep.
tolong yahh teman-teman yang punya solusi.
atau ada yang punya sedikit artikelnya
tolong yahhh...
di kirim di email arie_to_penrank@yahoo.co.id

Posted by: arie | 24.03.2008

bagaimana cara mengajar matematika anak SD agar mudah dipahami tapi menyenangkan ya? Ad yang pnya cara jitu?

Posted by: wee | 19.04.2008

Buat siapa saja yang ingin mudah belajar matematika. Saya punya trik sederhana yang saya dapat dari dosen saya STKIP Sidoarjo. Begini, misal anda menghitung jumlah siswa putri satu kelas yang jumlahnya jauh lebih banyak dari siswa putra maka yang harus anda hitung adalah siswa putranya meskipun yang anda butuhkan adalah jumlah siswa putri. Karena ada yang sedikit kok cari yang banyak/susah. Jadi belajar matematika sebenarnya mudah tinggal merubah cara berpikir kita yang kebanyakan konvensional.
basorihidayat@yahoo.com / 081703021690

Posted by: Basori Hidayat | 04.05.2008

asw,,,
saya mahasiswa fkip mtk,,,
butuh bantuan,, masukan untuk judul proposal penelitian,,,
bantu saya ya,,,, email saya labhie@yahoo.co.id

Posted by: erni | 06.06.2008

matematika nggak tergantung bakat walaupun mendukung tapi tergantung minat dan keinginan yang kuat ya to?jadi?kalo kita nggak bisa memotivasi anak ya pasti sulit. nah pertanyaannya kalo udah sampai tingkat lanjut bagaimana memotivasi anak itu?bisa memberi bantuan dengan memberikan contoh2 motivasi pengerjaan soal yang tingkat sulit jadi lebih sederhana?misal deret geometri dan aritmatika agar lebih simpel gitu?aku di dira_eight@yahoo.c

Posted by: dira | 07.06.2008

saya guru sd tegineneng. lampung. gimana cara kita mengajar siswa supaya tertarik bidang study tsb....!

gimana biar tidak bosan/jemu dg pelajaran tsb..!

Posted by: Remsi. s | 13.06.2008

trimakasih banyak, tapi kurang memuaskan

Posted by: stiyono | 28.07.2008

Yang penting ngajar siswa harus enjoy daripada stress sendiri. apalagi ngajar IPS. Toh kita kan tidak menginginkan semuanya jadi matematikawan. Saya lebih suka memotivasi siswa "matematika itu mudah" Kalau sudah begitu mereka belajarnya tidak terbebani. Cabang matematika itu kan banyak (17) mulai dari sejarah matematika sampai aljabar boole sehingga cara belajarnya masing-masing berbeda ada yang dihapal, ada yang dimengerti ada yang perlu penalaran tinggi sehingga kadang kita perlu memberi tip cara mempelajarinya.

Posted by: giri | 21.10.2008

dimana-mana berkomentar matematika sulit, apalagi gurunya galak!!!! waduh.. gmana muridnya mau seneng matematika kalo gurunya galah?? Bpk/Ibu guru memang harus punya kesabaran dobel dalam mengajar mat. matematika adalah ilmu yang mengajarkan disiplin dan membutuhkan kesabaran dalam pengajaran... selamat mencoba..

Posted by: ani | 02.11.2008

sebenarnya ga ada yang susah untuk mengajar matematika,but also ga ada yang mudah juga.So,itu semua tergantung pada diri si pengajar itu sendiri.ADA BEBERAPA HAL YG MENURUT SAYA PENTING UNTUK ANDA KETAHUI,YAITU:
1.seorang pengajar harus tau dan paham apa tujuan dia mengajar dan itu juga perlu di beritahukan kepada siswa.
contoh simple:atasan anda menyuruh anda menghitung luas halaman sekolah.mungkin anda akan marah walaupun hanya didalam hati karena anda tidak tahu maksudnya.tetapi jika anda dikasih tau tujuannya,misalnya untuk menghitung berapa banyak paving yang diperlukan untuk halaman sekolah mungkin anda akan dengan senang hati untuk melakukannya.
2.besok lagilah gue capek....hehehehee.....
email lintangkemit@yahoo.co.id tak tunggu sing butuh bantuan

Posted by: tony | 26.11.2008

aq Sjk SD ska ama matek, krn pljrannya asyik,wlau kdng memsimgkm kpla. treat yg ku pkai tuk bljr matek y/ yaitu 3s (Santai, Serius, n Senyum). ktka soal dtg, santai j tpi hrs srius n hdpi soal dngn senyum mk soal seslit apapun dpt d pchkan. slamt mncba

Posted by: ata | 28.11.2008

saya lagi pusing nih cari judul....tolong dong kirim ke email saya contoh judul pendidikan matematika, saya tunggu ya...thanks be4

Posted by: hikmah | 22.12.2008

memang matematika sangat rumit ,soalnya BANYAK RUMUS-RuMUS YANG SUSAh DI PECAHKAN.

Posted by: SWEET | 10.01.2009

memang matematika sangat rumit ,soalnya BANYAK RUMUS-RuMUS YANG SUSAh DI PECAHKAN.

Posted by: SWEET | 10.01.2009

Saya ingin tau bagaimana tips agar kita dapat mahir dalam matematika????????
tolong dijawab ya???????

Posted by: fiah | 14.01.2009

saya ramadoni saya sangat kesusahan waktu saya mengikuti cpns waktu ujian tertulis salah satunya soal aritmatika pada waktu soal pertama dari no 1-5 saya bisa mengerjakannya tapi pas no 6 dan seterusnya saya tidak dapat mengerjakan karena sulit bagaimana cara pratis to mengerjakan soal tersebut. thanks

Posted by: ramadoni | 16.02.2009

saya ingin mencari metode untk menyelesaikan masalah aritmatika dan deretmatika. ini email saya rama.doni53@yahoo.co.id

Posted by: ramadoni | 16.02.2009

Bagaimana cara mengajak anak yang malas belajar

Posted by: lia | 03.04.2009

Matematika itu sangat sangat menyenangkan koq.....

asal ada niat mendalaminya aja. apalagi buat anak-anak yang baru memasuki dunia persekolahan.

Posted by: Beth | 22.04.2009

bagaiman dapat memahami anak yg susah sekali d atur n cara memberikan pengajarannya pun jadi sulit, lagian anak tersebut pintar....tetapi mals g mn yyyy?????



mhn bantuan jga gimana membuat proposal yg baik n memilih judul yg mudah d mengerti..........

Posted by: mery | 24.04.2009

Membuat proposal penelitian tu gampang, tapi mencari landasan teorinya ini yang susah. karena ini karya ilmiah landasannya juga harus akurat, tepat, dan sesuai dengan judul. gimana ada caragak tuk memudahkan mencari referensi, kan di perpustakaan kita gak lengkap! kalau harus beli wah gimana bisa-bisa ketiban buku kita heeeee, pinjem teman...teman juga pinjem teman. gimana ya...?

Posted by: sugi | 05.05.2009

gimana bisa dapat referensi yang banyak , hemat, dan bisa digunakan terus.....! tolongya soalnya sulit cari di perpustakaaan bahkan gak ada lagi. toloooong...

Posted by: sugi | 05.05.2009

Bu Hennyriawati , terima kasih banyak ... Saya akan berusaha lebih baik lagi . Teng Q .

Posted by: seseorang | 14.07.2010

saya indra, pengajar privat matematika,fisika, dan kimia. saran saya untuk memudahkan belajar matematika antara lain :
1. sang guru betul-betul harus expert di bidangnya
2. bawakan materi ini dengan relax dan santai kalo perlu sertai bercanda agar tidak tegang
3. sang guru juga dituntut untuk kreatif dalam membawakan materi math jadi guru perlu menguasai teknik mengajar efektif
4. untuk matematika konsep dasar harus betul2 matang, kalo perlu adakan tes lisan untuk setiap siswa
5. guru harus punya bank soal matematika yang banyak dan variatif sehingga siswa ditantang dengan type soal yang berbeda
6. sering-sering adakan ujian untuk melihat kemantapan konsep dasar siswa
7. jangan sungkan untuk memuji siswa yang prestasinya bagus, rangkul siswa yang agak kurang, dan tegorlah dengan keras tapi bijaksana untuk anak yang malas apalagi tidak peduli
8. sang guru tidak boleh punya karakter cepat puas bila sudah kuasai materi tertentu, cari dan cari lagi tingkatan soal yang lebih rumit dan komplikatif
9. guru juga harus bisa mencari soal dan harus membiasakan diri mencari soal matematika yang ada hubungan dengan aplikasi dalam hidup sehari-hari

Posted by: INDRA | 16.06.2011

Post a comment